Pengembangan e-book bioekologi capung di area sumber mata air efektivitasnya dalam pemberdayaan keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan mahasiswa/ Miftahul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book bioekologi capung di area sumber mata air efektivitasnya dalam pemberdayaan keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan mahasiswa/ Miftahul Hasanah

Hasanah, Miftahul (2020) Pengembangan e-book bioekologi capung di area sumber mata air efektivitasnya dalam pemberdayaan keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan mahasiswa/ Miftahul Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi bagi dunia pendidikan berdampak dengan munculnya berbagai jenis media pembelajaran yang semakin beragam dan bervariasi jenisnya. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi orang-orang yang bergelut dalam bidang kependidikan baik itu di pendidikan menengah maupun di pendidikan tinggi (Alwan 2018). Proses pembelajaran pada setiap mata kuliah di perguruan tinggi dilaksanakan berdasarkan capaian pembelajaran yang disusun dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) (Dirjendikti 2018). Ekologi merupakan satu diantara mata kuliah yang ada di jurusan S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Satu di antara materi pada mata kuliah ekologi yaitu mengenai struktur komunitas dengan ruang lingkup kajian konsep ekologi komunitas dan pola interaksi organisme dalam komunitas (RPS Ekologi 2017). Kajian komunitas tersebut dapat dikaitkan dengan keberadaan serangga dalam suatu ekosistem. Seperti yang diketahui capung merupakan salah satu serangga yang memiliki peranan penting bagi keberlangsungan ekosistem yakni berperan sebagai indikator lingkungan (Ilhamdi 2012). Permasalahan yang ditemukan pada mata kuliah Ekologi ialah kurangnya keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil studi pendahuluan keterampilan memecahkan masalah pada mahasiswa Biologi UM 2017 masih tergolong rendah dengan nilai yang diperoleh yaitu 57 06. Keterampilan memecahkan masalah menjadi bagian yang perlu dimiliki pada abad 21 (Greenstein 2012). Seseorang yang memiliki keterampilan memecahkan masalah berarti orang tersebut dapat berpikir secara kritis logis dan kreatif (Syafii amp Yasin 2013). Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran salah satunya bahan ajar yang diimplementasikan dengan pembelajaran berbasis masalah guna menumbuhkan kembali keterampilan memecahkan masalah mahasiswa di kelas. Hal ini sesuai dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Redhana (2013) dan Bahri Putriana amp Idris (2018) untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dapat dilakukan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan analisis kebutuhan bahan ajar yang sesuai untuk memberikan tambahan referensi peserta didik dalam pembelajaran pada mata kuliah Ekologi adalah e-book yang didukung dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis potensi lokal. Potensi lokal merupakan daya dukung peserta didik untuk mengoptimalkan pengetahuan belajarnya tentang lingkungan yang ada di sekitar (Widowati Yuni amp Sukarni 2013). Hal ini didukung dengan penelitian Kahar (2018) yang menyatakan bahwa penerapan bahan ajar berbasis potensi lokal dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa. Hasil studi pendahuluan yang diberikan pada mahasiswa dalam bentuk angket sikap terhadap lingkungan diperoleh nilai 74 65 dan buku yang dijadikan sebagai sumber belajar banyak yang belum memanfaatkan potensi lokal. Adapun potensi lokal yang digunakan dalam bahan ajar ini ialah Sumber Mata Air di Malang Raya dengan masing-masing karakteristik lingkungannya. Sumber mata air ini dipilih dengan tujuan untuk menunjang pengetahuam mahasiswa mengenai potensi di daerah Malang sebagai variasi sumber belajar. Penelitian mengenai keanekaragaman capung di beberapa sumber air juga telah dilakukan sebelumnya oleh (Albab Leksono amp Yanuwiadi 2019 Rahadi Feriwibisono Nugrahani Dalia amp Makitan 2013). Berkaitan dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan bahan ajar untuk digunakan mahasiswa di perguruan tinggi. Adapun bahan ajar yang akan dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan yaitu e-book bioekologi capung di area Sumber Mata Air Malang Raya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book bioekologi capung di area sumber mata air yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze (menganalisis) design (merancang) develop (mengembangkan) implement (mengimplementasi) dan evaluate (mengevaluasi). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar validasi ahli materi ahli pembelajaran angket kepraktisan angket sikap terhadap lingkungan dan soal pretest-posttest keterampilan pemecahan masalah. E-book yang dihasilkan cukup valid dengan nilai validitas 76% (ahli materi) 98 5% (ahli pembelajaran). Uji praktikalitas memperoleh kriteria sangat praktis meliputi uji small group sebesar 88 31% dan field test sebesar 87 69%. E-book dapat memberdayakan keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan dengan gain score yang diperoleh sebebsar 0 39 an 0 32 (kategori sedang). E-book yang dihasilkan sangat valid sangat praktis dan cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektifan e-book dilihat dari peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan mahasiswa. Saran yang dapat diberikan yaitu Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai jenis serangga yang lain di area lingkungan sekitar Sumber Mata Air sebagai indikator lingkungan dan erlu dilakukan penelitian lebih mendalam mengenai pengembangan bahan ajar atau media lain yang dipadu dengan model pembelajaran yang lebih inovatif untuk memberdayakan kecakapan hidup di abad 21.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254881

Actions (login required)

View Item View Item