Zakiyah R, Nur (2020) Pengembangan pembelajaran biologi berbasis STEM (science, technology, engineering matematics) melalui model inkuiri untuk mengembangkan keterampilan berfikir kritis, keterampilan berfikir kreatif dan penguasaan konsep siswa SMA/ Nur Zakiyah R. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abad ke-21 ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Era ini diperlukan keterampilan untuk bersaing secara global. Keterampilan abad ke- 21 yang diperlukan yakni keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan tersebut dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan di SMA Laboratorium UM menunjukkan 1) proses pembelajaran belum sepenuhnya melatih keterampilan berpikir. Siswa cenderung menghafal materi pembelajaran konsep yang diperoleh siswa berasal dari penjelasan guru dan internet 2) kegiatan pembelajaran kurang melatih siswa melakukan inovasi. Upaya yang dapat dilakukan berdasarkan permasalahan tersebut dengan penerapan pembelajaran biologi berbasis science technology engineering mathematics (STEM) melalui model inkuiri. Tujuan penelitian ini menghasilkan rancangan pembelajaran yang valid praktis dan efekitf untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Produk yang dihasilkan berupa rancangan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk silabus RPP LKS dan instrumen penilaian pada materi ekosistem dan perubahan llingkungan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2020 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan subjek penelitian kelas X IPA 1 sebanyak 34 siswa sebagai kelas perlakuan dan kelas X IPA 3 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Desain implementasi menggunakan nonequivalent control group pretest-posttest design. Analisis data dilakukan meliputi analisis data kevalidan kepraktisan dan keefektifan produk pengembangan. Analisis keefektifan menggunakan uji anacova satu jalur berbatuan SPSS 16 for Windows dengan taraf signifikasni 5%. Sebelum uji anakova dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov and uji homogenitas dengan Levene rsquo s Test of Equality of Errors Variances. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa 1) rancangan pembelajaran (silabus RPP LKS dan instrumen penilaian) yang dikembangkan telah valid dan praktis. Rerata skor seluruh aspek pada silabus sebesar 3 62 dengan tingkat validitas dan kepraktisan 90 56% pada RPP sebesar 3 62 dengan tingkat validitas dan praktikalistas 90 42% dan rerata skor instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis-penguasaan konsep sebesar 3 33 dengan tingkat validitas 83 17% dan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif sebesar 3 30 dengan tingkat validitas sebesar 82 38% 2) pembelajaran biologi berbasis science technology engineering mathematics (STEM) melalui model inkuiri efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |