Zahroh, Vilda Rima Aulia (2020) Pengembangan modul ekosistem berbasis inkuiri terbimbing bersumber belajar tambak dan pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif, pemecahan masalah dan kepedulian lingkungan siswa/ Vilda Rima Aulia Zahroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran Biologi materi ekosistem di SMA N 1 Karangbinangun Lamongan belum dikembangkan menggunakan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik materi ajar dan siswa. Hasil analisis penilaian tengah semester siswa menunjukkan bahwa sebayak 34 5% siswa mendapatkan nilai tepat pada Kritetia Ketuntasan Minimum (KKM) yakni 75. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru salah satu penugasan yang ada dalam pembelajaran biologi adalah membuat karya ilmiah secara berkelompok namun siswa sering kesulitan menemukan masalah untuk diangkat menjadi judul dan diselesaikan. Selain itu 70% siswa tidak mengetahui bahwa tambak merupakan salah satu potensi lokal di Kabupaten Lamongan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa modul ekosistem berbasis inkuiri bersumber belajar tambak yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE yang meliputi menganalisis (analyze) mendesain (design) mengembangkan (develop) mengimplementasikan (implement) dan mengevaluasi (evaluate). Modul diimplementasikan pada siswa kelas X IPA SMA N 1 Karangbinangun. Modul diterapkan menggunakan model desain penelitian nonrandomized control group pretest-posttest design. Kelas eksperimen merupakan kelas yang dibelajarkan menggunakan modul ekosistem berbasis inkuiri bersumber belajar tambak dan kelas kontrol merupakan kelas yang dibelajarkan menggunakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Data hasil uji validasi ahli desain pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan berturut-turut 98 78% 100% dan 98%. Hasil rerata respons siswa terhadap modul sebesar 91 65% yang menunjukkan bahwa siswa memberikan respons positif terhadap modul. Uji keefektifan modul ekosistem berbasis inkuiri bersumber belajar tambak terhadap kemampuan kognitif pemecahan masalah dan kepedulian lingkungan menggunakan Uji Ankova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p lt alpha ( alpha 0 05) yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif pemecahan masalah dan kepedulian lingkungan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan modul dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |