Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan tambak payau untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sikap lingkungan, dan hasil belajar kognitif siswa / Nanik Sri Ayu Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan tambak payau untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sikap lingkungan, dan hasil belajar kognitif siswa / Nanik Sri Ayu Utami

Utami, Nanik Sri Ayu (2021) Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan tambak payau untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sikap lingkungan, dan hasil belajar kognitif siswa / Nanik Sri Ayu Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 telah mengakomodasi keterampilan abad ke-21 baik dilihat dari standar isi standar proses maupun standar penilaian. Standar proses misalnya pendidik diharuskan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik namun masalah yang terjadi kebanyakan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah adalah pembelajaran yang masih berpusat pada Guru (teacher-centered) akibatnya siswa tidak dapat menguasai keterampilan abad ke-21 secara optimal. Keterampilan abad ke-21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan di SMAS Nurul Jadid mengenai keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis sudah diterapkan dalam pembelajaran namun belum optimal. Sikap lingkungan telah diperkenalkan di sekolah namun kurang maksimal karena hanya terbatas pada kepedulian siswa dalam menjaga lingkungan sekolah sedangkan hasil belajar kognitif dilihat dari penilaian akhir semester (PAS 1) siswa kelas X SMAS Nurul Jadid pada semester 1 menunjukkan 67% siswa mendapat nilai di bawah KKM. Peningkatan keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran dilakukan dengan menerapkan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan Tambak Payau. Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan Tambak Payau belum dimanfaatkan sebagai bahan ajar. Pemilihan Tambak Payau dikarenakan dekat dengan lingkungan siswa atau pembelajaran kontekstual. Pengembangan bahan ajar berupa modul berbasis potensi lokal Tambak Payau menggunakan sintaks pembelajaran problem based learning (PBL) diharapkan dapat memfasilitasi dan melatih siswa dalam berpikir kritis memiliki sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif tinggi. Tujuan penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan Tambak Payau yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan modul pembelajaran adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze (menganalisis) design (merancang) develop (mengembangkan) implement (menerapkan) evaluate (mengevaluasi). Konten dalam modul berdasarkan hasil penelitian uji kualitas air Tambak Payau untuk mengembangkan modul berbasis potensi lokal sebagai bahan ajar pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan kelas X IPA di SMAS Nurul Jadid. Sebelum produk diuji coba produk diuji kevalidannya oleh ahli materi ahli bahan ajar dan praktisi lapangan. Kepraktisan modul dilihat berdasarkan hasil respon siswa sedangkan keefektifan modul diuji melalui kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan mengukur keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa adalah soal tes awal dan tes akhir kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anacova. Hasil kevalidan dan kepraktisan modul yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa modul telah valid praktis dan layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan. Hasil keefektifan modul menunjukkan terdapat pengaruh modul terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254873

Actions (login required)

View Item View Item