Pengembangan web-based learning berbasis pbl dalam pembelajaran biologi untuk menumbuhkan kemandiran belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA / Hanina Salmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan web-based learning berbasis pbl dalam pembelajaran biologi untuk menumbuhkan kemandiran belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA / Hanina Salmah

Salmah, Hanina (2021) Pengembangan web-based learning berbasis pbl dalam pembelajaran biologi untuk menumbuhkan kemandiran belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA / Hanina Salmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa perlu ditingkatkan untuk menghadapi tantangan kehidupan di abad 21. Hasil penelitian sebelumnya dan studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa masih perlu ditingkatkan. Kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis dapat dilatih menggunakan kegiatan pembelajaran berbasis masalah pada topik Virus dan Bakteri di siswa SMA sebab topik ini berhubungan dengan kehidupan sehari-hari namun siswa sulit untuk memahami topik tersebut. Peneliti mengembangkan media web-based learning berbasis PBL yang dapat menumbuhkan kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan multimedia-based instructional dari Lee amp Owens (2004 223) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu 1) penilaian kebutuhan 2) analisis keseluruhan 3) desain 4) pengembangan 5) implementasi dan 6) evaluasi. Tahap penilaian kebutuhan dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan yang dilihat melalui hasil angket siswa dan guru. Tahap analisis keseluruhan dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai siswa guru dan sarana di sekolah melalui angket guru dan siswa. Pada tahap ini peneliti melakukan uji kesetaraan. Peneliti menggunakan hasil ulangan pada materi Keanekaragaman setiap kelas yang diuji dengan analysis of variance (Anova) untuk melihat apakah seluruh kelas memiliki kemampuan belajar yang setara atau tidak. Tahap desain bertujuan untuk melakukan perencanaan proyek media web-based learning yang dikembangkan berupa prototype. Tahap pengembangan bertujuan untuk mengembangkan produk dari rancangan yang didesain pada tahap sebelumnya. Pada tahap pengembangan peneliti melakukan validasi media materi dan asesmen. Tahap implementasi dilakukan oleh peneliti dengan penelitian quasi eksperimen. Sebelum tahap quasi eksperimen peneliti melakukan uji kesetaraan menggunakan one way Anova pada populasi penelitian. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPA di SMAN 01 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Data yang digunakan untuk uji kesetaraan adalah hasil ulangan siswa pada materi Keanekaragaman. Hasil uji kesetaraan menunjukkan bahwa ketiga kelas X IPA memiliki kemampuan belajar yang setara. Kemudian peneliti menetapkan secara acak kelas kontrol dan eksperimen Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas kontrol belajar menggunakan WhatsApp Group dan model pembelajaran PBL. Kelas eksperimen belajar menggunakan media web-based learning dengan model pembelajaran PBL. Setelah melakukan pembelajaran siswa kelas eksperimen dan guru Biologi mengisi angket respon siswa dan guru untuk melihat kepraktisan media. Pada tahap evaluasi peneliti melakukan uji keefektifan dan kepraktisan media web-based learning yang dikembangkan. Peneliti menggunakan hasil pretest-posttest keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa sebagai data untuk menguji keefektifan dengan analysis of covariance (Anacova). Uji kepraktisan dilakukan melalui angket respon siswa dan guru. Hasil uji kepraktisan akan dikonversikan sesuai dengan kriteria Akbar (2013 42). Hasil validasi media menunjukkan bahwa media web-based learning berbasis PBL termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 94 58%. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa web-based learning berbasis PBL termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 100%. Hasil validasi asesmen adalah 74 75% pada instrumen tes keterampilan berpikir kritis materi virus 74 67% pada instrumen tes keterampilan berpikir kritis materi bakteri dan 74 80% pada instrumen angket kemandirian belajar siswa sehingga termasuk dalam kategori cukup valid. Hasil uji kepraktisan siswa dan guru menunjukkan persentase 86 56% dan 84% sehingga menurut siswa media sangat praktis dan bagi guru media dikatakan cukup praktis. Berdasarkan analisis Anacova dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat dikatakan bahwa media web-based learning berbasis PBL efektif dalam menumbuhkan kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Produk penelitian ini direkomendasikan pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi peneliti lain yang ingin mengetahui bagaimana media web-based learning dapat mengembangkan kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254872

Actions (login required)

View Item View Item