Pengembangan e-module berbasis flip pdf materi jaringan tumbuhan dan hewan berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi pada siswa kelas xi SMA/MA di Jawa Timur / Putri Fitria Sartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis flip pdf materi jaringan tumbuhan dan hewan berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi pada siswa kelas xi SMA/MA di Jawa Timur / Putri Fitria Sartika

Sartika, Putri Fitria (2021) Pengembangan e-module berbasis flip pdf materi jaringan tumbuhan dan hewan berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi pada siswa kelas xi SMA/MA di Jawa Timur / Putri Fitria Sartika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi Jaringan Tumbuhan dan Hewan merupakan materi yang tergolong memuat konsep abstrak karena tidak dapat divisualisasikan secara langsung sehingga untuk mempelajarinya diperlukan gambar maupun mikroskop untuk memudahkan pemahaman siswa. Pemahaman konsep merupakan hal yang penting dalam sebuah proses pembelajaran. Faktanya seringkali siswa mengalami kesulitan akan konsep yang sedang dipelajarinya terlebih sumber belajarnya kurang mendukung dapat menyebabkan proses pembentukan pengetahuan siswa menjadi terhambat sehingga dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi menjadi hal yang sangat perlu untuk diselesaikan agar tidak berdampak pada pembelajaran berikutnya dan pada kehidupan keseharian siswa di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Module berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi siswa pada materi Jaringan Tumbuhan dan Jaringan Hewan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahap. Tahap I yaitu mengidentifikasi kejadian miskonsepsi pada siswa menggunakan instrumen three-tier. Hasil dari identifikasi digunakan untuk dasar penyusunan E-Module sebagai tahapan kedua dalam penelitian ini. Penyusunan instrumen diagnostik three-tier menggunakan model pengembangan Treagust sedangkan untuk E-Module menggunakan model pengembangan ADDIE tetapi terbatas sampai pada tahap develop tepatnya uji coba skala terbatas dan tidak melakukan implementasi produk. Data yang terkumpul berupa hasil identifikasi miskonsepsi validasi produk dan respon siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen diagnostik three-tier yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Hasil identifikasi miskonsepsi menggunakan three-tier pada materi Jaringan Tumbuhan sebesar 27 20% dan Jaringan Hewan sebesar 23 90% di mana keduanya tergolong rendah. Penyumbang persentase terbesar miskonsepsi pada Jaringan Tumbuhan adalah konsep jaringan parenkim sebesar 48 15% sedangkan pada Jaringan Hewan adalah konsep tentang jaringan epitel pipih sebesar 35 88%. Hasil identifikasi miskonsepsi digunakan sebagai dasar pengembangan E-Module. Perbaikan konsep yang terdeteksi miskonsepsi disertakan pada E-Module di bagian ldquo Konsep Penting rdquo . E-Module yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis berdasarkan hasil validasi kepada ahli materi bahan ajar dan praktisi lapangan serta kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan persentase sebesar 85 09%. Validitas materi sebesar 100% yang berarti konsep materi telah akurat dan tidak mengandung miskonsepsi. Validitas bahan ajar sebesar 96 42% untuk E-Module guru dan E-Module siswa sebesar 96 95%. Keunggulan E-Module yang dikembangkan adalah menekankan konsep perbaikan dari hasil identifikasi miskonsepsi dapat memuat video di bagian awal pembelajaran sebagai apersepsi memuat gambar dengan resolusi tinggi memuat bagian untuk refleksi sehingga guru dapat memantau dan memberikan feedback serta E-Module dapat diakses siswa dengan mudah. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dapat mengembangkan bahan ajar pada materi lain berdasarkan identifikasi miskonsepsi dan mengembangkan produk yang lebih praktis untuk dapat diakses secara mudah oleh guru maupun siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254871

Actions (login required)

View Item View Item