Muhammad, Mahathir (2021) Pengembangan e-modul berbantuan augmented reality berdasarkan kajian komunitas herpetofauna pada sungai brantas untuk meningkatkan literasi digital dan sikap lingkungan / Mahathir Muhammad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan indonesia mencetak manusia dengan sumber daya yang terlatih secara akademis. Sehingga proses pembelajaran harus mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21. Proses pembelajaran perlu di desain agar siswa dapat mendapatkan pengalaman terkait keterampilan abad 21 yaitu literasi digital dan sikap lingkungan. Berdasarkan wawancara bawah literasi digital dan sikap lingkungan mahasiswa pernah di uji dan menghasilkan hasil bahwa untuk literasi digital dan sikap lingkungan mahasiswa masih belum baik. Oleh karen itu dalam hal ini dikembangkan modul elektronik berbantuan augmented reality pada komunitas hepetofauna yang diharapkan dapat memberdayakan literasi digital dan sikap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun menguji kevalidan menguji kepraktisan modul elektronik berbantuan augmented reality pada struktur komunitas herpetofauna di sungai brantas serta menguji keefektifab modul terhadap keterampilan berpikir kritis kesadaran lingkunganm dan prilaku lingkungan. Model pengembangan produk yang digunakan adalah Lee and Owen yang terdiri 5 langkah yaitu Analyze terdapat dua tahapan yaitu Needs assessment and front-end analysis Design Develop Implement dan Evaluate. Modul yang terlah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi ahli bahan ajar dan ahli praktisi pendidikan biologi. Modul ini diterapkan dalam proses pembelajaran menggunakan penelitian pre ekperimen dengan desain one group pretest-post test design. Penelitian ini dilaksanakan pada satu kelas mahasiswa S1 pendidikan biologi Univeristas Negeri Malang yaitu sebegai kelas eksperiment. Sebelum pembelajaran mahasiswa diberikan angket pretest literasi digital dan sikap lingkungan. Setelah proses pembelajaran siswa akan di berikan angket posttest literasi digital dan sikap lingkungan. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif (meliputi skor validasi modul oleh validator skor angket respons mahasiswa skor pretest-posttest) dan data kualitatif (yaitu komentar dan saran yang diberikan oleh validator dan mahasiswa). Data skor validasi modul dan skor respons mahasiswa dianalisis dengan teknik analisis persentase. Data skor pretest-postest literasi digital dan sikap lingkungan dianalisis menggunakan gain score. Persentase kevalidan modul menurut validator ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid ahli media sebesar 100% dengan kategori sangat valid dan ahli praktisi pendidikan biologi sebesar 94% dengan kategori sangat valid. Persentase kepraktisan modul sesuai dengan angket respon mahasiswa sebesar 90% dengan Kategori sangat praktis. Modul elektronik berbantuan augmented reality efektif dalam meningkatkan literasi digital berdasarkan hasil dari rata-rata N-gain literasi digital yang diperoleh adalah 0 52 pada kategori sedang. Sedangkan rata-rata N-gain sikap lingkungan yang diperoleh adalah 0 49 pada kategori sedang. Kesimpulannya modul elektronik berbantuan augmented reality struktur komunitas herpetofauna efektif untuk melatih literasi digital dan sikap lingkungan mahasiswa pada mata kuliah ekologi Universitas Negeri Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |