Pengembangan modul elektronik berbasis ricosre untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital pada pokok bahasan virus dan bakteri siswa sma / Siti Nurhalizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik berbasis ricosre untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital pada pokok bahasan virus dan bakteri siswa sma / Siti Nurhalizah

Nurhalizah, Siti (2021) Pengembangan modul elektronik berbasis ricosre untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital pada pokok bahasan virus dan bakteri siswa sma / Siti Nurhalizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada Abad 21 diperlukan kecakapan berpikir tingkat tinggi dan literasi dalam menghadapi persoalan-persoalan baru dan persaingan di masa mendatang. keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang perlu diberdayakan. Pemberdayaan keterampilan berpikir kreatif secara kritis dalam penggunaan konteks digital berpotensi mendorong siswa menghasilkan banyak penemuan sains dan inovasi dalam rangka menyelesaikan masalah kehidupan salah satunya permasalahan yang berkaitan dengan virus dan bakteri yang diperkirakan sebagai agen terpenting penyebab penyakit. Faktanya keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital siswa masih terkategori rendah. Berdasarkan hal itu maka dibutuhkan upaya untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital siswa khususnya pada pembelajaran Biologi materi virus dan bakteri. Permasalahan rendahnya keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital diharapkan dapat diatasi dengan pengembangan dan penerapan modul elektronik virus dan bakteri berbasis RICOSRE (Reading Indentifying the Problem Contructing the Solution Solving the Problem Reviewing the Problem Solving).Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa modul elektronik Pembelajaran Materi Virus dan Bakteri berbasis RICOSRE untuk siswa kelas X MIPA yang valid praktis dan efektif. Prosedur penelitian pengembangan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE dengan tahap Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Desain uji coba menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Kevalidan modul elektronik diukur berdasarkan validitas oleh ahli bahan ajar ahli materi dan ahli praktisi lapangan menggunakan lembar validitas. Kepraktisan modul elektronik diukur berdasarkan lembar angket respon siswa dan guru setelah penerapan modul. Keefektifan modul diukur berdasarkan signifikansi hasil pretest dan posttest setelah penerapan modul elektronik menggunakan analisis uji t berpasangan. Populasi uji coba modul adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Turen pada tahun pelajaran 2020/2021 semester ganjil. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas X MIPA di SMAN 1 Turen. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Sebelum analisis kovariat dan analisis uji t berpasangan dilakukan uji normalitas data data dengan uji Kolmogorov Smirnov dan uji normalitas dengan Levene rsquo s test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif. Valid dengan skor validitas keseluruhan 93% didapatkan dari validasi ahli materi (100%) ahli bahan ajar (84 8%) praktisi lapangan (94 2%). Praktis berdasarkan respon siswa pada skor rata-rata 82% dan respon guru dengan skor 94% yang termasuk dalam kategori baik dan sangat baik. Efektif berdasarkan nilai sig. (2-tailed) pada keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital siswa masing-masing adalah dengan p-value sebesar 0 000 dan 0 044. p-value lt alpha ( alpha 0 05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan kelas Modul RICOSRE terhadap pencapaian keterampilan berpikir kreatif dan literasi digital siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254866

Actions (login required)

View Item View Item