Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan di mangrove Pantai Duta Paiton untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sikap lingkungan, dan hasil belajar kognitif siswa / Dewi Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan di mangrove Pantai Duta Paiton untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sikap lingkungan, dan hasil belajar kognitif siswa / Dewi Agustin

Agustin, Dewi (2021) Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan di mangrove Pantai Duta Paiton untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sikap lingkungan, dan hasil belajar kognitif siswa / Dewi Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di abad 21 menuntut siswa memiliki sejumlah pengetahuan yang kompleks disertai dengan berbagai keterampilan. Keterampilan tersebut menjadi bekal dasar untuk dapat membantu individu dalam mempelajari dan menghadapi perubahan sehingga keterampilan abad 21 perlu untuk dikembangkan. Keterampilan abad 21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat membantu siswa untuk belajar dan beradaptasi dengan segala bentuk perubahan yang terjadi. Pentingnya kemampuan berpikir kritis agar siswa dapat memecahkan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari mereka. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di MA Nurul Jadid Paiton terhadap keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kurang dikembangkan secara optimal. Hasil belajar kognitif siswa diketahui 20% siswa mendapat nilai diatas KKM sedangkan 80% siswa mendapat nilai dibawah KKM. Sikap lingkungan telah diterapkan di sekolah namun kurang optimal karena proses pembelajaran yang dilakukan tidak memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi hal tersebut karena guru jarang mengajak siswa melakukan pengamatan dilingkungan sekitar sekolah sehingga kurang memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Hasil analisis kebutuhan tentang metode pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan oleh guru menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang sering digunakan yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) sedangkan bahan ajar yang sering digunakan oleh siswa yaitu buku paket. Berdasarkan hal tersebut maka perlu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan di mangrove pantai Duta Paiton yang disusun secara sistematis berdasarkan sintak PBL dan konten dalam modul berdasarkan hasil analisis vegetasi mangrove di kawasan konservasi mangrove pantai Duta Paiton. Kawasan konservasi mangrove pantai Duta Paiton merupakan salah satu potensi lokal yang dekat dengan lingkungan siswa dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar oleh siswa. Pengembangan modul tersebut diharapkan dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif. Tujuan penelitian ini yaitu 1) menghasilkan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan di mangrove pantai Duta Paiton yang valid praktis dan efektif vii 2) mengetahui keefektifan modul pembelajaran berbasis masalah tentang ekosistem dan perubahan lingkungan di mangrove pantai Duta Paiton untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data validitas modul diperoleh berdasarkan penilaian oleh ahli materi ahli bahan ajar dan praktisi lapangan data kepraktisan modul diperoleh berdasarkan hasil respon siswa keefektifan modul diuji melalui kuasi eksperimen dan data keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan hasil belajar kognitif siswa diperoleh berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir kemudian data dianalisis menggunakan Anacova. Hasil validitas modul oleh ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid hasil validitas modul oleh ahli bahan ajar sebesar 88 18% dengan kategori valid dan hasil validitas modul oleh praktisi lapangan sebesar 93 33% dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan modul sebesar 90 12% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan yang dilakukan melalui kuasi eksperimen menunjukkan bahwa ada pengaruh modul terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254865

Actions (login required)

View Item View Item