Efektivitas pembelajaran berbasis inkuiri dengan strategis OE3R terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa pada mata kuliah kimia organik deskriptif / Helda Lupita Septyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran berbasis inkuiri dengan strategis OE3R terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa pada mata kuliah kimia organik deskriptif / Helda Lupita Septyastuti

Septyastuti, Helda Lupita (2020) Efektivitas pembelajaran berbasis inkuiri dengan strategis OE3R terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa pada mata kuliah kimia organik deskriptif / Helda Lupita Septyastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran inkuiri merupakan pembelajaran yang berdasarkan pada penyelidikan dan proses sebagaimana saintis berpikir dan bekerja. Telah dikembangkan berbagai macam strategi pembelajaran berbasis inkuiri. Salah satu inovasi strategi pembelajaran kimia berbasis inkuiri terbimbing adalah Strategi OE3R (Orientasi ndash Eksplorasi ndash Eksplanasi ndash Elaborasi ndash Refleksi). Strategi OE3R melatihkan pada mahasiswa untuk mendapatkan konsep secara benar dan utuh. Selain itu melalui tahapannya strategi ini juga melatihkan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan di abad-21 salah satunya keterampilan argumentasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran Strategi OE3R dan Strategi Ekspositori pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif (2) mengetahui perbedaan penguasaan konsep mahasiswa yang belajar dengan Strategi OE3R dan Strategi Ekspositori pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif (3) mengetahui efektivitas penerapan Strategi OE3R untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif (4) mengetahui perbedaan keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa yang belajar dengan Strategi OE3R dan Strategi Ekspositori pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif (5) mengetahui efektivitas penerapan Strategi OE3R untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif dan (6) mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan Strategi OE3R. Rancangan penelitian ini adalah Quasi-Experiment dengan model penelitian pre-test post-test control group design. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling yang dibedakan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen (26 mahasiswa) yang belajar dengan Strategi OE3R dan kelompok kontrol (18 mahasiswa) yang belajar dengan Strategi Ekspositori. Analisis pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari lembar observasi dan respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari angket. Adanya perbedaan penguasaan konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah pada Strategi OE3R dan Strategi Ekspositori dianalisis dengan uji ancova dan efektivitas penerapan Strategi OE3R dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah dianalisis dengan effect size. Pembelajaran inkuiri dengan Strategi OE3R pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif (1) telah diimplementasikan dan terlaksana dengan baik untuk setiap tahapannya. Namun tahap refleksi dilakukan pada siklus keempat (2) terdapat perbedaan penguasaan konsep mahasiswa yang belajar dengan Strategi OE3R dan Strategi Ekspositori pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif (3) penerapan Strategi OE3R efektif meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif. Efektivitas dilihat dari nilai partial eta squared sebesar 0 266 dan nilai rata-rata penguasaan konsep mahasiswa yang belajar dengan strategi OE3R sebesar 67 54 lebih tinggi daripada mahasiswa yang belajar dengan Strategi Ekspositori sebesar 57 33 (4) terdapat perbedaan keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa yang belajar dengan Strategi OE3R dan Strategi Ekspositori pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif (5) penerapan Strategi OE3R efektif terhadap peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa pada mata kuliah Kimia Organik Deskriptif. Efektivitas dilihat dari nilai partial eta squared sebesar 0 295 dan kualitas argumentasi ilmiah tipe II dan tipe I berturut-turut pada Strategi OE3R sebesar 14 74% dan 28 53% lebih tinggi daripada kualitas argumentasi ilmiah tipe II dan tipe I berturut-turut pada Strategi Ekspositori sebesar 7 87% dan 16 20% dan (6) melalui pembelajaran dengan Strategi OE3R mahasiswa menyatakan pembelajaran menjadi lebih bermakna belajar konsep secara benar dan utuh dan lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254861

Actions (login required)

View Item View Item