Ilmah, Mashfufatul (2020) Analisis pemahaman konsep ikatan kovalen guru kimia dan perbaikan miskonsepsinya menggunakan wawancara konflik kognitif / Mashfufatul Ilmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemahaman konsep guru merupakan bagian yang sangat penting dalampenyelenggaraaanproses pembelajaran karena sangat mempengaruhi kemajuan belajar siswa. Namundemikian,hasilpenelitian menunjukkan bahwa guru masih mengalami miskonsepsi, termasuk di dalamnya miskonsepsi konsep-konsep ikatan kovalen.Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki miskonsepsi adalah wawancara konflik kognitif. Penelitian ini bertujuan untukmengidentifikasi dan meremidiasi miskonsepsi ikatan kovalen guru kimia menggunakan strategi wawancara konflik kognitif. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan pendekatan kualitataif.Subjek penelitian adalah 8 guru kimia dari sekolah yang berbeda-beda. Pedoman wawancara digunakan untuk membantu peneliti agar tidak keluar dari topik yang diteliti. Pedoman wawancara terdiri dari dua jenis yaitu pedomanwawancara diagnostik semiterstruktur untuk mengidentifikasi pemahaman konsep guru dan pedoman wawancara konflik kognitif untuk memperbaiki miskonsepsi guru. Selain itu, untuk mengetahui perubahan konsep diberikan tes pemahaman konsep yang terdiri dari 18 soal yang diberikan seminggu setelah wawancara konflik kognitif.Instrumen yang digunakan Data hasil wawancara ditranskip dan dicek keabsahannya melalui teknikmembercheck. Analisis data yang digunakan mengacu pada kerangka analisis fenomenografi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut.Pertama,ditemukan 24 jenis miskonsepsi ikatan kovalen yang tersebar pada beberapa konsep yaitu, tujuan atom berikatan, contoh ikatan kovalen koordinasi, jenis atom yang membentuk ikatan kovalen, ikatan kovalen polar dan non polar, urutan kepolaran ikatan kovalen, hubungan muatan formal dan kestabilan, penulisan struktur Lewis, aturan oktet, dan panjang ikatan kovalen. Selain itu, ditemukan pula beberapa konsep yang tidak dipahami guru yaitu konsep muatan formal, hubungan muatan formal dengan kestabilan molekul, orde ikatan, dan panjang ikatan kovalen.Kedua,setelah wawancara konflik kognitif ditemukan tiga jenis miskonsepsi ikatan kovalen yang terdistribusi ke dalam konsep penulisan struktur Lewis dan contoh ikatan kovalen koordinasi. Konsep-konsep ikatan kovalen yang lain dapat dipahami dengan baik oleh guru kimia.Ketiga, wawancara konflik kognitif mampu megurangimiskonsepsi yang ditemukan pada konsep ikatan kovalen (dari24jenis miskonsepsi yang tersebar dalam 10 konsep menjadi 3 jenis miskonsepsi yang tersebar dalam 2 konsep) dan mengurangijumlah guru yang mengalami miskonsepsi(dari delapan guru menjadi tiga guru).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254859 |
Actions (login required)
View Item |