Pengembangan bahan ajar larutan elektrolit nonelektrolit dan sifat koligatif larutan berbasis multipel representasi berbantuan blanded learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan self regulated learning mahasiswa / Mai Lisa Yanni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar larutan elektrolit nonelektrolit dan sifat koligatif larutan berbasis multipel representasi berbantuan blanded learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan self regulated learning mahasiswa / Mai Lisa Yanni

Yanni, Mai Lisa (2020) Pengembangan bahan ajar larutan elektrolit nonelektrolit dan sifat koligatif larutan berbasis multipel representasi berbantuan blanded learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan self regulated learning mahasiswa / Mai Lisa Yanni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak ndash Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan bahan ajar berbantuan blended learning menggunakan e-learning pada Prodi IPA (2) Mengetahui kelayan bahan ajar berdasarkan penilaian dari ahli materi ahli media dan mahasiswa (3) Menguji efektifitas hasil pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan Self Regulated Learning. Pengembangan bahan ajar berbantuan blended learning menggunakan prosedur model Lee amp Owens melalui 5 tahap pengembangan yaitu (1) Penilaian/Analisis (Asessment/analysis) (2) Desain Produk (Design) (3) Pengembangan (Development) (4) Implementasi (Implementation) (5) Evaluasi (Evaluation). Sumber data penelitian pengembangan ini melibatkan 35 mahasiswa kelas offering-B prodi IPA semester 2. Validasi penelitian pengembangan melibatkan 2 orang dosen sebagai validator media dan materi. Jenis produk yang dihasilkan berupa bahan ajar berbantuan blended learning dalam bentuk e-learning. Uji coba produk telah dilakukan kepada mahasiswa Hasil validasi media terdahap pengembangan bahan ajar memperoleh 72 67% dengan kategori ldquo Layak rdquo . Hasil uji coba kelompok kecil terhadap pengembangan bahan ajar untuk mendapatkan saran terhadap proses pengembangan memperoleh hasil sebesar 87%. Hasil validasi dan uji coba dapat digunakan pada tahapan selanjutnya yaitu menguji efektifitas produk pada subjek penelitian. Menguji efektifitas pengembangan bahan ajar dengan memberikan pretest-postest keterampilan proses sains dan self regulated learning mahasiswa kemudian dicari n-gain untuk mengetahui peningkatan masing-masing. Hasil peningkatan keterampilan proses sains diperoleh rata-rata sebesar 0.486 dengan kategori peningkaran ldquo Sedang rdquo learning. Hasil Peningkatan Self regulated learning diperoleh rata-rata 0 588 dengan kategori peningkatan ldquo Sedang rdquo . Simpulan dari hasil yaitu bahan ajar berbasis multipel representasi berbantuan blended learning dapat efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan self regulated learning mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254857

Actions (login required)

View Item View Item