Rahmadhani, Pradita (2020) Efektivitas strategi pembelajaran OE3R pada mata kuliah dasar-dasar kimia analitik terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa / Pradita Rahmadhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran berbasis inkuiri sudah semestinya menjadi tradisi pada pembelajaran sains. Banyak model inkuiri yang telah berkembang salah satunya yaitu strategi OE3R. Strategi OE3R merupakan akronim dari masing-masing hurufnya yaitu Orientasi-Eksplorasi-Eksplanasi-Elaborasi-Refleksi. Strategi OE3R memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan penguasaan konsep secara benar melalui cara yang sistematik. Konsep yang telah dibangun digunakan untuk menyelesaikan masalah mengkaitkan konsep dan mengaplikasikan dalam sebuah masalah. Melalui tahapan strategi OE3R mahasiswa terlatih untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi OE3R (2) mengetahui perbedaan hasil penguasaan konsep pada kelompok yang belajar dengan strategi OE3R dan strategi konvensional (3) mengetahui perbedaan hasil keterampilan berpikir kritis pada kelompok yang belajar dengan strategi OE3R dan strategi konvensional (4) mengetahui efektivitas strategi pembelajaran OE3R terhadap penguasaan konsep mahasiswa (5) mengetahui efektivitas strategi pembelajaran OE3R terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa dan (6) mengetahui respon mahasiswa terkait pembelajaran dengan strategi OE3R. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian eksperimental semu dengan pretes dan postes dalam dua kelompok (quasy experimental pretest-postest). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 yang memprogram mata kuliah dasar-dasar kimia analitik. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen perlakuan meliputi RPPS dan LKM sedangkan instrumen pengukuran meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran soal penguasaan konsep soal keterampilan berpikir kritis dan angket respon mahasiswa terhadap strategi pembelajaran OE3R. Data penelitian terdiri dari (1) data keterlaksanaan pembelajaran kelompok eksperimen (2) data pretes dan postes penguasaan konsep kelompok eksperimen dan kontrol (3) data pretes dan postes keterampilan berpikir kritis kelompok eksperimen dan kontrol dan (4) data angket mahasiswa. Uji efektivitas menggunakan uji N-gain. Uji hipotesis menggunakan uji kovarian satu jalur (one-way between-group ANCOVA). Hasil implementasi strategi OE3R dalam pembelajaran dasar-dasar kimia analitik (1) masing-masing tahapannya terlaksana dengan baik tahapan refleksi dilaksanakan pada akhir pembelajaran di siklus ke empat (2) menunjukkan perbedaan hasil penguasaan konsep lebih tinggi dibandingkan dengan strategi konvensional. Hasil penguasaan konsep mahasiswa untuk kelompok eksperimen (78) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (74) (3) menunjukkan perbedaan hasil keterampilan berpikir kritis lebih tinggi dibandingkan dengan strategi konvensional. Hasil keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada kelompok eksperimen (71) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (62) (4) efektif untuk mengembangkan penguasaan konsep mahasiswa dibandingkan yang dibelajarkan pada strategi konvensional. Hasil rata-rata nilai gain penguasaan konsep mahasiswa pada kelompok eksperimen sebesar 56 (cukup efektif) dibandingkan kelompok kontrol sebesar 47 (kurang efektif) (5) efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dibandingkan yang dibelajarkan pada strategi konvensional. Hasil rata-rata nilai gain keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada kelompok eksperimen sebesar 63 (cukup efektif) dibandingkan kelompok kontrol 49 (kurang efektif) dan (6) mahasiswa menyatakan telah belajar konsep secara benar dan utuh (76 19%) belajar secara bermakna (95 24%) dan belajar lebih menyenangkan (90 48%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |