Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif pada materi koloid ditinjau dari motivasi berprestasi siswa/ Nurbani Jusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif pada materi koloid ditinjau dari motivasi berprestasi siswa/ Nurbani Jusuf

Jusuf, Nurbani (2020) Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif pada materi koloid ditinjau dari motivasi berprestasi siswa/ Nurbani Jusuf. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Project Based Learning (PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang bersifat kontekstual yang diharapkan agar dapat merubah cara belajar siswa secara mandiri dan mendorong motivasi belajar memunculkan ide-ide kreativitas siswa dalam berkarya dan merancang serta dapat melatih berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-harinya. Siswa merancang suatu proyek mereka harus memiliki keterampilan salah satunya adalah keterampilan proses sains dengan menerapkan konsep dalam pembuatan proyek siswa akan memperolah pemahaman materi yang bersifat jangka panjang. Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran materi koloid berbasis proyek dalam pengajaran kimia dengan menggunakan kearifan lokal di daerah ternate dan menguji perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dengan siswa yang dibelajarakan dengan model konvensional pada materi koloid yang ditinjau dari motivasi berprestasi dengan menggunakan desain rancangan eksperimental semu (posttest only grup). Sampel dalam penelitian ini dilakukan di salah satu MAN di Kota Ternate. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains dan motivasi berprestasi siswa menggunakan pembelajaran berbasis proyek untuk kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol dengan nilai statistiknya adalah alpha 0 00. Sedangkan tidak ada perbedaan yang signifikan untuk hasil belajar dari kedua kelas dengan nilai statistiknya adalah alpha 0 37.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254852

Actions (login required)

View Item View Item