Pengaruh model pembelaaran LC 5e-TPS terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi laju reaksi / Nevia Pradani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelaaran LC 5e-TPS terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi laju reaksi / Nevia Pradani

Pradani, Nevia (2021) Pengaruh model pembelaaran LC 5e-TPS terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi laju reaksi / Nevia Pradani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakteristik ilmu kimia pada hakikatnya mencakup tiga aspek yaitu kimia sebagai produk proses dan sikap. Oleh karena itu dalam pembelajaran tidak hanya menekankan pada produk tetapi juga pada proses pemerolehannya sehingga keterampilan proses sains (KPS) siswa dapat berkembang. Dalam mengembangkan KPS siswa akan lebih bermakna jika kemampuan berpikir tingkat tinggi (KBTT) dikembangkan secara optimal. Laju reaksi diperoleh dan dikembangkan melalui proses eksperimen sebagai hasil proses sains. Dalam proses sains dibutuhkan keterampilan analisis evaluasi dan sintesis. Ketiga keterampilan tersebut merupakan komponen penting dalam proses sains. Dalam menghasilkan ilmu sains peneliti sains selalu bekerja sama dan diskusi sehingga kedua kegiatan tersebut penting dalam pembelajaran sains. Penggunaan model pembelajaran kolaboratif yaitu model LC 5E-TPS memfasilitasi siswa untuk mengembangkan KPS dan KBTT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran LC 5E-TPS terhadap KPS dan KBTT siswa. Desain penelitian ini adalah eksperimental semu dengan pre-test dan post-test dalam tiga kelompok (quasi experimental pretest-posttest design). Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan menggunakan model LC 5E dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan menggunakan model LC 5E-TPS. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen perlakuan (Silabus RPP dan LKS) dan instrumen pengukuran (soal tes KPS dan KBTT). KPS diukur dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal yang valid dengan reliabilitas sebesar 0 729 sedangkan KBTT dengan 15 soal yang valid dengan reliabilitas sebesar 0 805. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji One Way ANOVA uji Beda dan uji keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model LC 5E-TPS berpengaruh dalam meningkatkan KPS dan KBTT siswa. Hal tersebut terlihat dari rata-rata skor KPS kelas LC 5E-TPS (76 97) kelas LC 5E (67 27) dan kelas konvensional (59 69) sedangkan rata-rata skor KBTT kelas LC 5E-TPS (75 90) kelas LC 5E (57 76) dan kelas konvensional (47 63). Selain itu model LC 5E-TPS lebih efektif untuk meningkatkan KPS siswa yang didukung dengan hasil N-gain score dan d-effect size Cohen kelas LC 5E-TPS lebih tinggi (0 64 dan 3 10) dibandingkan kelas LC 5E (0 50 dan 0 68) dan kelas konvensional (0 39 dan 1 77) sedangkan N-gain score dan d-effect size Cohen KBTT kelas LC 5E-TPS lebih tinggi (0 64 dan 3 83) dibandingkan kelas LC 5E (0 45 dan 2 53) dan kelas konvensional (0 29 dan 1 70). Maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran LC 5E-TPS dapat meningkatkan KPS dan KBTT siswa pada topik laju reaksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254850

Actions (login required)

View Item View Item