Analisis model mental siswa sekolah menengah atas dengan kemampuan berpikir ilmiah berbeda dalam memahami konsep laju reaksi / PRISKA YOHANITA SODANANGO - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis model mental siswa sekolah menengah atas dengan kemampuan berpikir ilmiah berbeda dalam memahami konsep laju reaksi / PRISKA YOHANITA SODANANGO

Sodanango, Priska Yohanita (2021) Analisis model mental siswa sekolah menengah atas dengan kemampuan berpikir ilmiah berbeda dalam memahami konsep laju reaksi / PRISKA YOHANITA SODANANGO. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laju reaksi adalah salah satu topik kimia yang dipelajari di SMA oleh siswa kelas sebelas program IPA. Materi laju reaksi meliputi konsep laju reaksi teori tumbukan dan energi aktivasi faktor-faktor yang mempengaruhi laku reaksi dan orde reaksi. Topik Laju reaksi diatas mencakup konsep-konsep abstrak. Untuk memahami konsep abstrak diperlukan kemampuan berpikir ilmiah (KBI). Hasil-hasil penelitian menunjukan bahwa KBI berhubungan langsung dengan usia. Semakin bertambah usia siswa cenderung semakin meningkat KBI mereka. Namun hasil-hasil penelitian m elaporkan bahwa sebagian besar siswa SMA belum sepenuhnya mengembangkan kemampuan tersebut. Hal ini menyebabkan laju reaksi berpotensi menjadi topik yang sulit untuk dipahami sebagian besar siswa. Topik laju reaksi menyangkut representasi makroskopik sub mikroskopik dan simbolik. Hasil-hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa SMA mengalami kesulitan dalam menghubungkan ketiga representasi tersebut. Hali ini menyebabkan semakin meningkatnya potensi kesulitan yang dihadapi siswa dalam mempelajari laju reaksi. Kesulitan tesebut ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar siswa. kesulitan siswa juga dapat ditunjukkan dengan model mental yang dikembangkan siswa tentang laju reaksi. Model mental merupakan representasi internal yang mencerminkan tiga level representasi untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomenon atau untuk memecahkan suatu masalah. Model mental siswa dipengaruhi oleh KBI. Analisis model mental siswa dan keterakitannya dengan KBI pada topik laju reaksi dianggap belum pernah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perkembangan KBI siswa (2) model mental yang dikembangkan siswa tentang laju reaksi (3) keterkaitan antara KBI dengan model mental yang dikembangkan siswa tentang laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kulaitatif. Subyek penelitian adalah 34 siswa kelas XI dari dua SMA di pulau Timor Nusa Tenggara Timur. Data penelitian adalah KBI dan model mental siswa tentang laju reaksi. Data KBI siswa dikumpulkan menggunakan Lawson rsquo s Classroom Test of Scientific Reasoning (LCTSR) yang terdiri dari 24 butir soal yang diterjemahkan dalam bahasa indonesia oleh Risa Asnawi. Koefesien reliabilitas tes tersebut dihitung dengan rumus KR-20 adalah sebesar 0 72. Data model mental siswa dikumpulkan menggunakan tes moel mental yang merupakan tes uraian yang terdiri 5 soal. Validitas isi tes yang diberikan oleh validator adalah 90 %. Analisis data model mental siswa menggunakan teknik constant comparative yaitu suatu proses untuk ditemukan informasi dari kumpulan data kemudian dilakukan perbandingan berdasarkan kategori yang muncul pada unit data yang lain. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi check- recheck co-judging diskusi dengan dosen pembimbing dan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada keterlambatan perkembangan kemampuan berpikir siswa dibandingkan dengan kriteria yang diterapkan Lawson sebanyak 29 41 % siswa masih dalam tingkat berpikir konkrit 47 06 siswa masih dalam tingkat berpikir low formal 23 53 siswa masih dalam tingkat berpikir upper formal dan tidak ada siswa yang mencapai tingkat berpikir post formal (2) Profil model mental siswa pada konsep laju reaksi cenderung berada pada model mental alternatif (3) Kemampuan berpikir ilmiah siswa sejalan dengan model mental yang dikembangkan siswa namun perkembangan model mental individu tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan berpikir ilmiahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254840

Actions (login required)

View Item View Item