Pengaruh thinking maps pada pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa materi usaha dan energi di MAN 1 Kota Malang / Anggita Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh thinking maps pada pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa materi usaha dan energi di MAN 1 Kota Malang / Anggita Permatasari

Permatasari, Anggita (2020) Pengaruh thinking maps pada pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa materi usaha dan energi di MAN 1 Kota Malang / Anggita Permatasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains diperlukan dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran fisika. Pembelajaran fisika yang tidak sesuai dengan hakikat pembelajaran fisika kurang memberi kesempatan pada siswa untuk terlibat aktif dalam proses-proses ilmiah keterampilan proses sains dan kurang melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Materi usaha dan energi merupakan materi yang paling dasar dalam fisika dan pemahaman mengenai materi ini perlu ditekankan agar siswa mudah menerima materi selanjutnya yang berhubungan dengan usaha dan energi. Akan tetapi siswa masih mengalami kesulitan dalam menguasai materi usaha dan energi. Oleh karena itu diperlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya dengan menggunakan thinking maps sebagai metode pencatatan. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan keterampilan proses sains yang dapat diintegrasikan dengan thinking maps adalah model pembelajaran discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor pengaruh thinking maps pada pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi di MAN 1 Kota Malang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest-posttest control group design. Instrumen thinking maps berupa rubrik penilaian pembelajaran discovery berupa lembar observasi keterampilan proses sains berupa lembar observasi keterampilan proses sains dan berpikir tingkat tinggi berupa pretest dan posttest digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah treatment pembelajaran discovery yang diintegrasikan dengan thinking maps. Kemudian data dari tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil penilaian keterampilan proses sains siswa dianalisis dengan one way manova dan kemudian dilanjutkan dengan uji tukey untuk menjawab hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran discovery diintegrasikan dengan thinking maps dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran discovery. Sedangkan hasil uji tukey didapatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa yang belajar menggunakan pembelajaran discovery diintegrasikan dengan thinking maps lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran discovery.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254838

Actions (login required)

View Item View Item