Penerapan experiential learning terintegrasi STEM disertasi penilaian formatif terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah materi fluida statis/ Estianinur - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan experiential learning terintegrasi STEM disertasi penilaian formatif terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah materi fluida statis/ Estianinur

Estianinur (2020) Penerapan experiential learning terintegrasi STEM disertasi penilaian formatif terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah materi fluida statis/ Estianinur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fluida statis merupakan salah satu materi fisika yang banyak diterapkan dalam bidang teknik dan kehidupan sehari-hari. Siswa dituntut untuk dapat menguasai konsep dengan benar sehingga dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai konsep dan memecahkan masalah. Kesulitan tersebut salah satunya muncul karena pembelajaran fisika yang diterapkan berupa transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Hal ini menyebabkan siswa tidak dapat menerapkan prinsip-prinsip yang dipelajari untuk memecahkan masalah secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis melalui experiential learning terintegrasi STEM disertai penilaian formatif. Penelitian ini menggunakan desain mixed method dengan model embedded experimental. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu sebanyak 36 siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Penguasaan konsep siswa diukur menggunakan 12 butir soal pilihan ganda beralasan dan kemampuan pemecahan masalah siswa diukur dengan menggunakan 6 butir soal uraian. Analisis dilakukan secara kuantitatif berdasarkan skor pre-test dan post-test siswa dengan menggunakan analisis statistik deskriptif uji beda skor pre-test dan post-test N-gain dan effect size. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui alasan siswa dalam menjawab soal wawancara dan observasi selama pembelajaran. Data kualitatif dianalisis dengan cara reduksi data pengkodean penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat secara signifikan setelah diberikan pembelajaran berupa experiential learning terintegrasi STEM disertai penilaian formatif. Pembelajaran tersebut berpengaruh sedang terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Meskipun mengalami kenaikan secara signifikan siswa masih mengalami kesulitan dalam menentukan besarnya gaya apung benda-benda tercelup pada konsep hukum Archimedes. Kemampuan pemecahan masalah siswa juga mengalami perubahan yang positif. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa expert pada saat post-test.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254836

Actions (login required)

View Item View Item