Perkembangan kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep melalui model problem based learning (PBL) berbantuan thinking MAP pada mater momentum dan implus siswa kelas X SMA Negeri 1 Bombana/ Miksandri Eksanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep melalui model problem based learning (PBL) berbantuan thinking MAP pada mater momentum dan implus siswa kelas X SMA Negeri 1 Bombana/ Miksandri Eksanita

Eksanita, Miksandri (2020) Perkembangan kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep melalui model problem based learning (PBL) berbantuan thinking MAP pada mater momentum dan implus siswa kelas X SMA Negeri 1 Bombana/ Miksandri Eksanita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eksanita Miksandri. 2020. Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penguasaan Konsep Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Thinking Map Pada Materi Momentum dan Impuls Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bombana. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si (II) Prof. Dr. Markus Diantoro M.Si Momentum dan Impuls merupakan salah satu materi fisika yang memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian yang ada mengungkapkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan menguasai konsep dan memecahkan masalah pada materi momentum dan impuls. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa adalah pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan Thinking Map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada topik momentum dan impuls melalui pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan Thinking Map. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain embedded experimental model. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas X SMAN 1 Bombana pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan wawancara. Instrument tes yang digunakan adalah tes penguasaan konsep yang berupa 25 soal pilihan ganda dan tes kemampuan pemecahan masalah yang berupa 6 soal uraian. Data kuantitatif dianalisis dengan uji t-berpasangan N-gain dan Effect size sedangkan data kualitatif dianalisis melalui pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa (1) siswa mengalami peningkatan penguasaan konsep setelah pembelajaran dengan N-gain sebesar 0 64 (kategori sedang) dan effect size sebesar 1 03 (kategori kuat) (2) kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat setelah pembelajaran dengan N-gain sebesar 0 447 (kategori sedang) dan effect size sebesar 20.69 (kategori kuat) (3) penguasaan konsep siswa mengalami perkembangan pada kuis 1 kuis 2 dan kuis 3 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kuis 1 sebesar 3.46 nilai rata-rata kuis 2 sebesar 3.9 dan nilai rata-rata kuis 3 sebesar 4.53. 4) kemampuan pemecahan masalah mengalami perkembangan pada kuis 1 kuis 2 dan kuis 3 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kuis 1 sebesar 2.4 nilai rata-rata kuis 2 sebesar 2.73 dan nilai rata-rata kuis 3 sebesar 3.33.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254835

Actions (login required)

View Item View Item