Widarti, Anula Ning (2020) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E berbasis STEM terhadap penguasaan konsep dan berfikir kritis siswa SMA pada materi Fluida Statis/ Anula Ning Widarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN NingWidarti Anula. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 7E berbasis STEM terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. Tesis Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si. (II) Dr. H. Edi Supriana M.Si. Kata Kunci learning cycle 7E STEM Penguasaan Konsep Berpikir Kritis Fluida Statis Materi fluida statis merupakan materi yang dianggap sulit oleh kebanyakan peserta didik. Kesulitan-kesulitan yang sering ditemukan oleh peserta didik dalam materi fluida statis disebabkan oleh rendahnya penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik. Sehingga perlu adanya solusi atau jalan keluar untuk mengatasi kesulitan-kesulitan peserta didik yaitu dengan cara merancang sebuah model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang cocok untuk mengembangkan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik adalah model pembelajaran learning cycle 7E berbasis STEM. Gabungan dari model pembelajaran learning cycle 7E dan STEM diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E berbasis STEM terhadap penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain embedded experimental model. Subjek penelitian terdiri dari 34 peserta didik kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Bululawang. Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep yang terdiri dari 13 soal pilihan ganda beralasan dengan reliabilitas 0 817 dan tes berpikir kritis 3 soal uraian dengan reliabilitas 0 937. Data kuantitatif penguasaan konsep dan berpikir kritis di analisis menggunakan uji paired sample t-test n-gain dan d-effect size. Data kualitatif dianalisis dengan reduksi data pengkodean penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) level penguasaan konsep siswa yang dicapai pada materi fluida statis adalah kategori NR NU IU PU dan SU dengan kategori paling tinggi berada pada kategori SU sebesar 82 35% (2) level berpikir kritis peserta didik yang dicapai adalah kategori analisis interpretasi dan menyimpulkan dengan kategori paling tinggi berada pada kategori interpretasi sebesar 64 71 %. Penguasaan konsep dan berpikir kritis mengalami peningkatan setelah diberi pembelajaran learning cycle 7E berbasis STEM. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah model pembelajaran learning cycle 7e dengan STEM alangkah baiknya jika lebih banyak diterapkan dalam pembelajaran fisika dikarenakan melalui model tersebut peserta didik mampu meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kritis serta penggunaan proyek dalam pembelajaran peneliti perlu memperhatikan alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |