Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Gelombang Dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Disertai STEM Dan Penilaian Formatif / Tomy Suganda - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Gelombang Dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Disertai STEM Dan Penilaian Formatif / Tomy Suganda

Suganda, Tomy (2021) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Gelombang Dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Disertai STEM Dan Penilaian Formatif / Tomy Suganda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena gelombang dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemukan diberbagai bidang kehidupan sehingga penting untuk dipelajari. Apabila konsep gelombang dipahami dengan baik akan membantu siswa dalam materi yang berhubungan lainya seperti materi bunyi, cahaya, listrik dan magnet. Penguasaan konsep siswa pada materi gelombang masih rendah mengindikasikan materi ini sulit untuk dipelajari. Peningkatan penguasaan konsep materi gelombang dapat dilakukan dengan meningkatkan kemamampuan berpikir kritis dan argumentasi ilmiah siswa. Model Pembelajaran ADI terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis daan argumentasi ilmiah siswa. Agar pembelajaran dapat mencakup lingkungan siswa yang lebih luas dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan, digunakanlah pendekatan STEM dan Penilaian Formatif yang dipadukan dengan model ADI didalam pembelajaran gelombang bunyi dan cahaya. Dengan demikian telah dilakukan penelitian dengan tujuan (1) mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi gelombang melalui model ADI disertai STEM dan penilaian formatif. (2) mengetahui bagaimana kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas XI pada materi gelombang melalui model ADI disertai STEM dan penilaian formatif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method yang mengabungkan dua bentuk penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Putussibau kelas XI pada semester genap 2020/2021. Subyek penelitian dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 27 siswa. Materi yang disampaikan yaitu tentang gelombang bunyi dan cahaya. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas dua bagian yaitu data kulitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan wawancara, sedangkan data kuantitatif melalui tes Berpikir kritis dan Argumentasi Ilmiah yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dari nilai rata-rata 13,77 menjadi 34,37 setelah diterapkan model ADI disertai STEM dan Penilaian Formatif. Ada perbedaan signifikan antara hasil kemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah diterapakan pemebelajaran. Tetapi, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa masih masuk kedalam kategori rendah. Berdasarkan nilai efek size yang masuk kategori kuat, artinya penelitian kemampuan berpikir kritis siswa melalui model ADI disertai STEM dan Penilaian formatif dapat diterapkan secara luas. Indikator berpikir kritis dengan peningkatan tertinggi yaitu indikator “menyimpulkan”. Terjadi peningkatan pula pada kemampuan argumentasi ilmiah dari nilai rata-rata 8,14 menjadi 25,37 setelah diterapkan model ADI disertai STEM dan Penilaian Formatif. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan argumentasi sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran. Peningkatan kemampuan Argumentasi ilmiah siswa masih masuk kedalam kategori rendah. Berdasarkan nilai efek size yang masuk kategori kuat, artinya penelitian kemampuan argumentasi ilmiah siswa melalui model ADI disertai STEM dan Penilaian formatif dapat diterapkan secara luas. Level argumentasi ilmiah yang mampu dicapai siswa berada pada level rendah yaitu level 1 dan level 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254828

Actions (login required)

View Item View Item