Pengaruh flipped learning terintegrasi metacognitive scaffolding terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognisi pada topik impuls dan momentum untuk siswa SMA / Emilia Fandira Nasera Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh flipped learning terintegrasi metacognitive scaffolding terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognisi pada topik impuls dan momentum untuk siswa SMA / Emilia Fandira Nasera Putri

Putri, Emilia Fandira Nasera (2021) Pengaruh flipped learning terintegrasi metacognitive scaffolding terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognisi pada topik impuls dan momentum untuk siswa SMA / Emilia Fandira Nasera Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak peristiwa sehari-hari yang terkait dengan konsep impuls dan momentum akan tetapi siswa masih memiliki kesulitan untuk dapat memahami menguasai konsep serta memecahkan permasalahan yang terkait dengan konsep ini. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penguasaan konsep materi impuls dan momentum adalah dengan meningkatkan keterampilan berpikir dan keterampilan metakognisi karena terdapat korelasi positif antara peningkatkan keterampilan berpikir kritis serta keterampilan metakognisi terhadap penguasaan konsep yang terlihat dari hasil belajar siswa. Keterampilan metakognisi dan keterampilan berpikir kritis merupakan dua keterampilan kompleks yang saling mendukung satu sama lain dan penting untuk diajarkan dengan metacognitive scaffolding. Metode flipped learning dipilih karena metode ini dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajar serta mengontrol pembelajaran serta terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada topik impuls dan momentum Penelitian bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognisi. Keterampilan metakognisi akan bertanggung jawab dalam pengawasan perencanaan serta evaluasi mandiri siswa sedangkan keterampilan berpikir kritis bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas siswa dalam menyelesaikan masalah. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan flipped learning terintegrasi metacognitive scaffolding dalam bab Impuls dan momentum. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan embedded experiment design (one-phase). Subjek penelitian terdiri dari 67 siswa dari kelas X MIPA 1 X MIPA 2 dan X MIPA 3 SMA St. Louis 1 Surabaya Indonesia. Perlakuan yang diberikan sama terhadap ketiga kelas dengan pengajar dan waktu pembelajaran yang sama akan tetapi dilakukan di hari yang berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tes awal-akhir keterampilan berpikir kritis Jurnal Belajar dan lembar panduan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif tes keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan N-Gain Cohen rsquo s D-effect size dan uji paired sample t-test. Teknik analisis data kuantitatif keterampilan metakognisi dilakukan dengan N-Gain. Teknik analisis data kualitatif yang menunjang data kuantitatif dilakukan berdasarkan bentuk pola yang muncul pada data dan disatukan ke dalam tema yang sama untuk menjadi kategori yang dapat dianalisis. Proses analisis juga akan melibatkan pemeriksaan data dan identifikasi tema yang tergambar pada penelitian. Hasil penelitian terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan hasil uji N-gain sebesar 0 79 (tinggi) uji Cohen rsquo s d-effect size dengan nilai 1 81 (pengaruh metode yang digunakan tinggi) serta uji paired sample t-test juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode yang diberikan terhadap peningkatan keterampilan metakognisi siswa. Hal ini membuktikan bahwa metode flipped learning terintegrasi metacognitive scaffolding dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian terhadap peningkatan keterampilan metakognisi menunjukkan hasil N-gain 0 153 (rendah). Hal tersebut menunjukkan peningkatan keterampilan metakognisi siswa sebelum dan sesusah perlakuan berada pada kategori rendah. Oleh karena itu metode flipped learning terintegrasi metacognitive scaffolding terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognisi pada topik impuls dan momentum untuk siswa SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254827

Actions (login required)

View Item View Item