Model mental dan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbasis fenomena disertai penilaian formatif pada materi hukum newton / Jamiatul Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Model mental dan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbasis fenomena disertai penilaian formatif pada materi hukum newton / Jamiatul Mufidah

Mufidah, Jamiatul (2021) Model mental dan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbasis fenomena disertai penilaian formatif pada materi hukum newton / Jamiatul Mufidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mufidah Jamiatul. 2020. Model Mental Dan Penguasaan Konsep Siswa Dengan Argument Driven Inquiry (ADI) Berbasis Fenomena Disertai Penilaian Formatif Pada Materi Hukum Newton. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I ) Dr. Parno M.Si ( II ) Prof. Dr. Markus Diantoro M.Si Kata kunci model mental penguasaan konsep argument driven inquiry fenomena penilaian formatif Hukum Newton. Hukum Newton memiliki peran penting dalam mempelajari konsep fisika dan menjelaskan fenomena yang ada di kehidupan nyata. Hukum Newton merupakan topik fundamental yang dianggap sulit oleh siswa. Dengan mengetahui model mental siswa guru dapat memiliki pemahaman yang baik tentang sumber kesulitan siswa dalam memahami suatu materi. Sedangkan salah satu materi fisika yang menjadi fokus penelitian penguasaan konsep adalah hukum Newton karena penguasaan konsep penting untuk dimiliki oleh setiap siswa setelah melaksanakan suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep dan model mental siswa pada materi hokum Newton melalui argument driven inquiry berbasis fenomena disertai penilaian formatif. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan embedded experiment model. Instrumen yang digunakan untuk mengukur model mental siswa adalah 6 soal uraian dan untuk mengukur penguasaan konsep siswa adalah 13 soal pilihan ganda beralasan. Subyek penelitian adalah 26 siswa kelas X IPA I SMAN 1 Pademawu tahun pelajaran 2019/2020. Data kuantitatif berasal dari skor pretest dan posttest yang dianalisis dengan Wilcoxon N-gain dan effect size. Data kualitatif model mental berasal dari pengkategorian model mental ke surface matching dan deep dari jawaban siswa serta dari wawancara dengan siswa. Data kualitatif penguasaan konsep yang berasal dari alasan siswa dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan model mental siswa meningkat secara signifikan setelah pembelajaran argument driven inquiry berbasis fenomena disertai penilaian formatif. Adapun model mental melalui analisis N-gain diperoleh rerata 0.249 dan nilai effect size 1.866. Didapatkan setiap kategori model mental siswa materi Hukum newton yaitu pada kategori surface sebesar 1.9% saat pretes. Setelah postes dengan menggunaka pembelajaran argument driven inquiri (ADI) berbasis fenomena disertai penilaian formatif model mental siswa pada kategori surface sebanyak 14.1% matching sebanyak 19.2% dan pada kategori deep sebanyak 8.3%. Adapun penguasaan konsep melalui analisis N-gain diperoleh rerata 0.34 dimana peningkatan penguasaan konsep siswa berada pada kategori sedangkan nilai effect size 2.88. Dari hasil penelitian penguasaan konsep siswa pada saat pretes rata-ratanya 2.84 meningkat saat postes dengan rata-ratanya 10.57. Saran untuk penelitian berikutnya adalah memperhitungkan waktu banyaknya soal tingkat kesulitan soal yang diberikan serta diperlukan juga kajian lebih dalam terkait hubungan antara model mental dan penguasaan konsep.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254824

Actions (login required)

View Item View Item