Peningkatan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran STEM-PKBL (Science Technology Engineering and Mathematics-Project Based Learning) terintegrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) / Rahmad Prastiyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran STEM-PKBL (Science Technology Engineering and Mathematics-Project Based Learning) terintegrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) / Rahmad Prastiyan

Prastiyan, Rahmad (2021) Peningkatan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran STEM-PKBL (Science Technology Engineering and Mathematics-Project Based Learning) terintegrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) / Rahmad Prastiyan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fluida statis merupakan materi penting yang perlu dikuasai siswa. Siswa diharapkan memiliki kompetensi dasar dalam menerapkan dan melakukan percobaan menggunakan hukum fluida statis. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan penguasaan konsep yang baik. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa masih perlu ditingkatkan. Salah satu pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa menguasai konsep dan berpikir secara kritis adalah pembelajaran STEM-PjBL. Penelitian yang telah dilakukan belum banyak yang mengkaji bagaimana mengintegrasikan TPACK dalam pembelajaran STEM-PjBL. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terintegrasi TPACK terhadap penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian melibatkan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pakel sejumlah empat kelas. Teknik convenience sampling digunakan dalam penentuan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara memilih sampel yang sesuai dengan tujuan peneliti. Kelas eksperimen terdiri dari sebelas siswa XI MIPA 3 dan kelas kontrol terdiri dari sepuluh siswa XI MIPA 4. Siswa kelas eksperimen belajar dengan STEM-PjBL terintegrasi TPACK sementara kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa soal uraian penguasaan konsep dengan nilai reliabilitas 0 898. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest-posttest. Uji hipotesis dilakukan menggunakan melalui uji Mann-Whitney sementara komparasi pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon N-Gain dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STEM-PjBL terintegrasi TPACK berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa. Hasil perhitungan effect size menunjukkan nilai 0 89 dan tergolong kategori sedang. Sementara nilai effect size submateri tekanan hidrostatis Hukum Pascal Hukum Archimedes tegangan permukaan kapilaritas viskositas secara berturut-turut adalah 0 1 0 7 0 21 0 11 0 80 dan 0 64. Pada level penguasaan konsep didapatkan nilai effect size sebesar 0 43 untuk memahami 0 81 untuk menerapkan dan 0 51 untuk menganalisis. Selain itu dilakukan perhitungan N-Gain dan diperoleh nilai 15 81% sementara tiap submateri berturut-turut -7 14% 27 82% 1 98% 0% 38 64% dan 13 64%. Sedangkan tiap level penguasaan konsep berturut-turut adalah -6 06% 21 69% dan 8 92%. Adanya kegiatan membuat proyek memberikan siswa pengalaman konstektual dan autentik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254823

Actions (login required)

View Item View Item