Ardanari, Ovita (2022) Kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains melalui pembelajaran inkuiri dengan e-scaffolding konseptual-prosedural pada materi hukum Newton / Ovita Ardanari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari materi fisika. Bukan hanya itu kemampuan literasi sains juga menjadi salah satu aspek penting pada abad ini. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan literasi sains siswa pada materi fisika masih kurang. Apalagi pada materi hukum Newton dimana siswa masih mengalami banyak kesulitan untuk memahami materi tersebut. Pelaksanaan pembelajaran inkuiri dengan e-scaffolding konseptual-prosedural diduga mampu membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh pembelajaran inkuiri dengan e-scaffolding konseptual-prosedural terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan literasi sains siswa pada materi hukum Newton. Penelitian ini menggunakan rancangan gabungan metode kuantitatif dan kualitatif (mixed methods) jenis explanatory design. Subjek penelitian mencakup 71 siswa kelas X semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 5 Malang. Kemampuan awal siswa diukur dengan dua puluh tujuh soal pilihan ganda kemampuan pemecahan masalah diukur dengan empat soal uraian dan kemampuan literasi sains diukur dengan sembilan soal uraian. Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif berdasarkan skor siswa pada kedua kelas meliputi uji normalitas uji homogenitas uji linearitas uji korelasi serta MANCOVA. Sedangkan analisis kualitatif berdasarkan hasil LKS yang dikerjakan oleh siswa observasi selama pemberian perlakuan berlangsung jawaban siswa ketika mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan literasi sains serta wawancara terhadap lima siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan literasi sains siswa yang belajar menggunakan pembelajaran inkuiri dengan e-scaffolding konseptual-prosedural memiliki perbedaan dengan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional (nilai signifikansi lt 0.05). Perbedaan ini terlihat pada level kemampuan pemecahan masalah serta kemampuan literasi sains dimana hasil rata-rata indikator kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Setelah diselidiki secara kualitatif terdapat dampak positif pemberian e-scaffolding konseptual-prosedural dalam pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan literasi sains.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254822 |
Actions (login required)
View Item |