Nisfah, Nur Lailatin Nisfah (2021) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa dalam materi optik pada pembelajaran collaborative inquiry terintegrasi tpack / Nur Lailatin Nisfah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Materi optik menjadi salah satu materi yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pengetahuan awal masing-masing siswa menjadikan konflik kognitif pembelajaran optik di kelas. Materi optik menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan menjadi solusi mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran Collaborative Inquiry terintegrasi TPACK merupakan solusi untuk meningkatkan kemampuan tingkat tinggi dan motivasi siswa. Penggunaan kerangka konten pedagogi dan teknologi (TPACK) dapat menjadikan suatu pembelajaran efektif. Teknologi tersebut bertujuan untuk memudahkan guru dalam menvisualisisan konten materi yang abstrak dan dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mereka dalam praktikum materi optik serta berdampak pada motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran collaborative inquiry terintegrasi TPACK pada materi optik. Penelitian ini dilakukan secara embedded experimental design pada satu kelompok. Penelitian dilakukan di MTs Mamba rsquo ul Khoirot dan pada masa pandemi covid 19 sehingga harus dilakukan dirumah guru dengan pembatasan jumlah siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes angket dan wawancara yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen pengukuran yang telah divalidasi dan diuji cobakan dengan reabilitas tinggi adalah tes kemampaun berpikir tingkat tinggi berupa 15 soal two tier multiple choice dan angket motivasi belajar berupa 18 pernyataan. Data pretest dan posttest kemampuan berpikir tingkat tinggi disimpulkan tidak terditribusi normal sehingga analisis statistik uji beda menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test sedangkan hasil nilai angket motivasi sebelum dan sesudan pembelajaran disimpulkan terdistribusi normal sehingga analisis statistik uji beda menggunakan Paired Sample T-test. Hasil uji statistik keduanya menunjukkan nilai Asymp.Sig kurang dari 0 005 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mengalami peningkatan nilai pretest ke posttest pada tingkat kognitif menganalisis dan mengevaluasi sedangkan pada tingkat kognitif menciptakan sedikit mengalami kenaikan dikarenakan siswa hanya 1x melakukan kegiatan menciptakan produk. Kemampuan berpikir tinggi siswa dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kemampuan matematis siswa pengalaman belajar sebelumnya latar belakang keluarga dan lingkungan belajar yang kurang nyaman disebabkan kemampuan berkomunikasi dalam diskusi kelompok kurang. Motivasi belajar siswa mengalami kenaikan nilai angket sebelum dan sesudah. Motivasi belajar terlihat ketika siswa aktif dalam melakukan percobaan. Faktor pengukur motivasi belajar yang paling rendah adalah kepercayaan diri hal itu dipengaruhi kurangnya keterlibatan individu dengan komunitas belajar. Keadaan kognitif dan emosional siswa juga perpengaruh terhadap motivasi belajar masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |