Pengaruh model pembelajaran project based learning terintegrasi stem terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir keatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Kejayan pada materi fluida statis / Una Desy Azarine - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning terintegrasi stem terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir keatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Kejayan pada materi fluida statis / Una Desy Azarine

Azarine, Una Desy (2021) Pengaruh model pembelajaran project based learning terintegrasi stem terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir keatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Kejayan pada materi fluida statis / Una Desy Azarine. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep menjadi salah satu hal pokok yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari materi fisika. Tidak hanya itu kemampuan berpikir kreatif juga menjadi salah satu aspek yang penting di abad 21. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa masih terdapat kesalahan konsep siswa dan rendahnya kemampuan berpikir kreatif dalam memahami materi fluida statis. Pelaksanaan Project Based Learning terintegrasi STEM diduga dapat membantu siswa dalam meningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran berbasis proyek yang diintegrasi dengan STEM terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian mencakup 62 siswa kelas XI tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 1 Kejayan Pasuruan. Pemahaman konsep diukur dengan instrumen tes sebanyak lima belas butir soal pilihan ganda sedangkan kemampuan berpikir kreatif sebanyak delapan butir soal berupa uraian. Secara keseluruhan instrumen tes pemahaman konsep memiliki reliabilitas r 0 562 sedangkan instrumen kemampuan berpikir kreatif memiliki reliabilitas r 0 876. Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif berdasarkan skor siswa pada kedua kelas sedangkan analisis kualitatif berdasarkan hasil jawaban siswa pada tes pemahaman konsep dan berkpikir kreatif serta hasil wawancara terhadap tiga siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan Project Based Learning yang diintegrasikan dengan STEM memiliki perbedaan dengan siswa yang belajar menggunakan konvensional (Sig 2-tailed lt 0 05) dengan N-Gain masing-masing variabel pada kategori medium atas. Peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kreatif siswa juga terlihat pada cara siswa menjawab soal. Siswa mampu menjawab benar pada soal tipe C5 dan C6 pada tes pemahaman konsep dan mampu menjawab dengan benar pada tiga dari empat indikator tes kemampuan berpikir kreatif setelah belajar menggunakan PjBL terintegrasi STEM. Secara umum pembelajaran berbasis proyek yang diintegrasikan dengan STEM berdampak terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254820

Actions (login required)

View Item View Item