Representasi skematis siswa dalam menyelesaikan masalah timms konten aljabar ditinjau dari self efficacy / Maulidiyah Tutut Nurjanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Representasi skematis siswa dalam menyelesaikan masalah timms konten aljabar ditinjau dari self efficacy / Maulidiyah Tutut Nurjanah

Nurjanah, Maulidiyah Tutut (2020) Representasi skematis siswa dalam menyelesaikan masalah timms konten aljabar ditinjau dari self efficacy / Maulidiyah Tutut Nurjanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi skematis dalam menyelesaikan masalah TIMMS konten aljabar ditinjau dari self efficacy. Sumber data utama dalam penelitian ini berupa data deskriptif. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School (BSS) dan SMPN Kraton 1 Pasuruan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 yang dilakukan melalui media daring. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sedangkan untuk instrument bantu meliputi lembar tugas penyelesaian masalah angket self efficacy dan pedoman wawancara. Masalah yang diberikan pada penelitian ini merupakan masalah TIMSS yang terdiri dari beberapa konten kognitif meliputi mengetahui mengaplikasikan dan menalar. Masalah tersebut selanjutnya dimodifikasi. Tujuan dari modifikasi masalah adalah memberikan kesempatan calon subjek untuk menunjukkan penggunaan representasi skematis dalam menyelesaikan masalah. Angket self efficacy yang diberikan merupakan penggabungan General Self Efficacy Scale (GSE) dan Mathematics Self Effcacy Scale Revised (MSES-R). Pengumpulan data dilakukan dengan meminta siswa untuk menyelesaikan tugas penyelesaian masalah melalui media daring. Setelah siswa menyelesaikan masalah peneliti melakukan wawancara untuk menelusuri proses berpikir siswa selama menyelesaikan masalah serta mengklarifikasi hal-hal yang belum diketahui oleh peneliti. Setelah diperoleh data kemudian dilakukan analisis data dengan tahap mentranskrip data mendeskripsikan data menyajikan data dan mengintepretasikan data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah deskripsi representasi skematis siswa dalam menyelesaikan masalah TIMSS konten aljabar dari siswa dengan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah. Subjek dengan self efficacy tinggi cenderung konsisten dengan keyakinan yang dimiliki dalam menyelesaikan masalah sejak awal proses pengerjaan. Subjek cenderung menunjukkan sikap optimis dan pantang menyerah saat dihadapkan dengan situasi yang kurang menguntungkan. Pada tahap memahami masalah subjek cenderung menuliskan kembali informasi yang diperoleh dalam masalah dengan bahasa sendiri. Subjek juga cenderung menganalisis dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh untuk menemukan keterkaitan antar informasi. Subjek cenderung membentuk representasi skematis murni dalam memvisualisasikan informasi masalah. Namun tidak dapat digeneralisasi bahwa dengan masalah yang berbeda subjek akan tetap menggunakan bentuk representasi skematis tersebut. Subjek mampu mengorganisasikanr informasi dan menggunakan representasi skematis yang telah dibuat secara kognitif dan metakognitif untuk menentukan rencana dengan efektif dan melaksanakan rencana tersebut secara ringkas dan efektif. Subjek dengan self efficacy tinggi cenderung tidak melakukan tahap mengecek kembali karena memiliki keyakinan yang tinggi. Namun tidak dapat digeneralisasi bahwa hal tersebut dilakukan oleh semua yang memiliki self efficacy tinggi karena beberapa faktor turut menyertai. Subjek dengan self efficacy rendah cenderung konsisten dengan menunjukkan keraguan dalam menyelesaikan masalah sejak awal proses pengerjaan. Subjek cenderung menunjukkan sikap pesimis dan membutuhkan motivasi luar saat dihadapkan dengan situasi yang kurang menguntungkan. Pada tahap memahami masalah mereka cenderung tidak menuliskan kembali informasi yang diperoleh dalam masalah dengan bahasa sendiri atau cenderung menyalin informasi masalah. Kecenderungan dalam membentuk representasi skematis dalam memvisualisasikan informasi masalah pada proses penyelesaian masalah oleh subjek dengan self efficacy rendah tidak dapat digeneralisasi. Namun mereka cenderung memilih representasi skematis yang dapat memvisualisasikan masalah secara lebih jelas. Karena meragukan kemampuannya subjek cenderung mengurai dan memperluas representasi untuk menyusun rencana sekaligus melaksanakan rencana. Subjek cenderung melakukan tahap mengecek kembali karena memiliki keyakinan yang rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254817

Actions (login required)

View Item View Item