Rachmadhansyah, Rizky (2020) Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar / Rizky Rachmadhansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu topik yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah adalah operasi bentuk aljabar. Akan tetapi siswa merasa bahwa topik tersebut merupakan topik yang sulit. Hal ini mengakibatkan siswa sering melakukan kesalahan saat menyelesaikan operasi bentuk aljabar. Sehingga dilakukanlah penelitian yang bertujuan menganalisis kesalahan siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah lima siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2019/2020. Data penelitian berasal dari lembar jawaban siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar dan transkrip wawancara. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama serta tes tertulis dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Instrumen dan data penelitian telah diuji validitasnya dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data siswa melakukan kesalahan faktual meliputi kesalahan mengidentifikasi operasi dan kesalahan menulis simbol-simbol matematis. Kesalahan prosedural meliputi kesalahan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar kesalahan melakukan operasi perkalian dan pembagian bentuk aljabar dan mengoperasikan bentuk aljabar secara sembarang. Kesalahan konseptual yang terjadi meliputi kesalahan konsep penjumlahan bentuk aljabar kesalahan perkalian distributif bentuk aljabar kesalahan memahami pemfaktoran atau menafsirkan prinsip pembagian pada operasi bentuk aljabar dan kesalahan mengoperasikan pecahan bentuk aljabar. Penyebab siswa melakukan kesalahan faktual dalam operasi bentuk aljabar yaitu siswa tidak memahami fakta yang diberikan pada soal siswa tidak teliti mengoperasikan bentuk aljabar siswa kurang memahami penggunaan simbol-simbol matematis dan penulisan bentuk aljabar. Penyebab siswa melakukan kesalahan prosedural dalam operasi bentuk aljabar yaitu siswa kurang memahami prosedur penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar siswa kurang memahami operasi hitung pada bilangan bulat atau bilangan pecahan siswa kurang memahami penerapan sifat-sifat operasi bilangan dan siswa tidak mengingat prosedur yang benar dalam mengoperasikan bentuk aljabar. Penyebab siswa melakukan kesalahan konseptual dalam operasi bentuk aljabar yaitu siswa tidak memahami definisi suku sejenis dan suku tak sejenis pada bentuk aljabar siswa tidak memahami sifat distributif siswa tidak memahami kondisi yang dibutuhkan untuk melakukan pemfaktoran atau pembagian pada suatu bentuk aljabar siswa tidak memahami konsep pecahan senilai dan konsep menjumlahkan pecahan pada bentuk aljabar dan siswa tidak memahami konsep pembagian bilangan pecahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |