Izzah, Nuurul (2020) Kreativitas matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari tipe kepribadian / Nuurul Izzah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kreativitas matematis merupakan proses yang menghasilkan solusi atau ide baru untuk masalah matematika atau merumuskan pertanyaan baru (problem posing). Kreativitas dalam matematika terkait dengan keterampilan pemecahan masalah matematika. Jenis masalah terbuka dapat memberikan kesempatan bagi individu untuk melatihkan kreativitasnya serta memberikan pengalaman yang kaya dalam menghasilkan solusi yang berbeda. Berdasarkan cara pendekatan pengembangan diri terdapat dua tipe kepribadian yang berbeda dari individu yaitu tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Tipe kepribadian ekstrovert memiliki kesadaran yang merujuk pada objek-objek di dunia luar sedangkan tipe kepribadian introvert memiliki kesadaran yang mengacu kepada diri individu itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas matematis mahasiswa semester 2 4 dan 6 dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert-introvert. Penelitian ini menggunakan indikator kreativitas Torrance yang meliputi fluency flexibility dan novelty. Subjek penelitian adalah 67 mahasiswa yang terdiri dari 33 mahasiswa bertipe kepribadian ekstrovert dan 34 mahasiswa bertipe kepribadian introvert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa bertipe kepribadian ekstrovert dalam menghasilkan solusi beragam (fluency) untuk masalah sedang (nomor 1) menurun pada jenjang semester 4 dan meningkat pada jenjang semester 6. Selanjutnya kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan ide/metode penyelesaian beragam (flexibility) menurun pada jenjang semester 4. Sedangkan seluruh mahasiswa pada jenjang semester 2 4 dan 6 tidak menghasilkan solusi ide/metode penyelesaian baru (novelty). Kemampuan mahasiswa bertipe kepribadian ekstrovert dalam menghasilkan solusi beragam (fluency) untuk masalah mudah (nomor 2) meningkat seiring bertambahnya jenjang pada semester 2 4 dan 6. Selanjutnya kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan ide/metode penyelesaian beragam (flexibility) juga meningkat pada semester 2 4 dan 6. Sedangkan seluruh mahasiswa pada jenjang semester 2 4 dan 6 tidak menghasilkan solusi ide/metode penyelesaian baru (novelty). Kemampuan mahasiswa bertipe kepribadian ekstrovert dalam menghasilkan solusi beragam (fluency) untuk masalah sulit (nomor 3) meningkat pada jenjang semester 4 dan menurun pada jenjang semester 6. Sedangkan seluruh mahasiswa pada jenjang semester 2 4 dan 6 tidak menghasilkan ide/metode penyelesaian beragam (flexibility) serta tidak menghasilkan solusi ide/metode penyelesaian baru (novelty). Kemampuan mahasiswa bertipe kepribadian introvert dalam menghasilkan solusi beragam (fluency) untuk masalah sedang (nomor 1) meningkat seiring bertambahnya jenjang pada semester 2 4 dan 6. Selanjutnya kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan ide/metode penyelesaian beragam (flexibility) juga meningkat pada semester 2 4 dan 6. Sedangkan seluruh mahasiswa pada jenjang semester 2 4 dan 6 tidak menghasilkan solusi ide/metode penyelesaian baru (novelty). Kemampuan mahasiswa bertipe kepribadian introvert dalam menghasilkan solusi beragam (fluency) untuk masalah mudah (nomor 2) menurun pada jenjang semester 6. Selanjutnya kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan ide/metode penyelesaian beragam (flexibility) meningkat seiring bertambahnya jenjang pada semester 2 4 dan 6. Sedangkan kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan solusi ide/metode penyelesaian baru (novelty) meningkat pada jenjang semester 6 saja. Kemampuan mahasiswa bertipe kepribadian introvert dalam menghasilkan solusi beragam (fluency) untuk masalah sulit (nomor 3) menurun pada jenjang semester 4 dan meningkat pada jenjang semester 6. Sedangkan seluruh mahasiswa pada jenjang semester 2 4 dan 6 tidak menghasilkan ide/metode penyelesaian beragam (flexibility) serta tidak menghasilkan solusi ide/metode penyelesaian baru (novelty).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |