Defragmentasi struktur berfikir siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan / Munawarrahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Defragmentasi struktur berfikir siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan / Munawarrahman

Munawarrahman (2020) Defragmentasi struktur berfikir siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan / Munawarrahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Standar kemampuan matematis yang harus dimiliki siswa salah satunya adalah problem solving (pemecahan masalah). Namun pada kenyataannya siswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh struktur berpikir siswa. Kelemahan siswa dalam memecahkan masalah adalah karena struktur berpikir yang kurang benar hal ini dibuktikan dengan hasil studi pendahuluan pada siswa SMP Negeri 1 Purwosari yang menunjukkan bahwa banyak siswa yang tidak dapat menyelesaikan masalah pola bilangan dengan benar dikarenakan struktur berpikir dalam memecahkan masalah yang salah. Untuk memperbaiki kesalahan tersebut perlu dilakukan defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan tersebut. Defragmentasi didefinisikan sebagai restrukturisasi berpikir pada individu siswa. Restrukturisasi berpikir merupakan teknik yang sering dilakukan atau digunakan untuk mengubah pola pikir yang kurang adaptif pada individu yang dilakukan melalui tiga cara yakni pengondisian disequlibrasi confict cognitive dan scaffolding. Dengan melakukan defragmentasi diharapkan siswa tidak mengalami kesalahan dalam proses menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah tiga siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Purwosari Gunungkidul DIY yang sudah mempelajari materi pola bilangan. Subjek penelitian dipilih berdasarkan siswa yang melakukan kesalahan maupun siswa yang menjawab soal dengan urutan yang tidak teratur tapi benar serta memiliki kemampuan komunikasi yang lancar.instrumen penelitian merupakan peneliti lembar tugas pedoman wawancara dan alat perekam suara. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menemukan bahwa kesalahan subjek dalam menyelesaikan masalah pola bilangan meliputi kesalahan dalam memahami masalah kesalahan dalam menentukan rencana penyelesaian masalah kesalahan dalam melaksanakan rencana dan kesalahan tranformasi. Kesalahan memahami masalah menunjukkan adanya fragmentasi lubang kontruksi diatasi dengan scaffolding. Kesalahan dalam menentukan rencana penyelesaian menunjukkan adanya fragmentasi pseudo construction diatasi dengan pengondisian disequilibrasi conflict cognitve dan scaffolding. Kesalahan melaksanakan rencana menunjukkan adanya fragmentasi pseudo salah diatasi dengan pengondisian disequilibrasi dan scaffolding. Kesalahan transformasi menunjukkan fragmentasi pseudo benar diatasi dengan conflict cognitive.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254810

Actions (login required)

View Item View Item