Pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita/ Indah Yulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita/ Indah Yulianti

Yulianti, Indah (2020) Pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita/ Indah Yulianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yulianti, Indah. 2020.Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Dr. AbdurRahman As’ari, M.Pd, M.A., (2)Dr.rer.nat. I Made Sulandra, M.Si. Kata Kunci:pemahaman, soal cerita Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas VIII diketahui bahwa siswa kelas VIII mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, terutama pada materi aljabar. Hal ini terbukti dari sebagian besar siswa tidak dapat menuliskan pemisalan variabel dengan tepat. Selain itu, banyak siswa yang kesulitan menuliskan kondisi pada soal cerita dalam bentuk persamaan. Siswa juga menyelesaikan persamaan dengan pindah ruas, bukan dengan sifat kanselasi.Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ada siswa kelas VIII J MTs Maarif NU 2 Sutojayan yang dipilih berdasarkan konsistensi dalam menjawab tes pemahaman siswa dan kemampuan komunikasi lisan. Setelah itu dilakukan wawancara terhadap subjek yang terpilih. Data yang diperoleh berupa dokumen hasil tes pemahaman siswa, transkrip wawancara, dan catatan lapangan. Pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) menuliskan kembali kondisi pada soal cerita dalam bentuk variabel dan persamaan, (2) menyelesaikan persamaan, dan (3) menyimpulkan.Secara umum, siswa masih belum paham dalam menyelesaikan soal cerita karena ada tahap yang dikerjakan siswa dengan kurang tepat. Pada tahap menuliskan kembali kondisi pada soal cerita dalam bentuk variabel, siswa belum mampu menuliskan kembali kondisi pada soal cerita dengan tepat. Masih ada siswa yang menganggap variabel sebagai simbol yang mewakili benda. Selain itu, siswa belum mampu memisalkan kondisi pada soal yang memerlukan satuan dalam pemisalannya. Pada tahap menuliskan kembali pada bentuk persamaan, siswa belum mampu menuliskan persamaan dengan tepat pada saat siswa tidak tepat dalam memisalkan kondisi pada soal cerita dalam bentuk variabel. Pada tahap menyelesaikan persamaan, siswa belum mampu menyelesaikan persamaan dengan tepat meskipun hasil akhir yang diperoleh benar. Pada tahap menyimpulkan, siswa telah mampu menyimpulkan dengan benar jika hasil penyelesaian dari seluruh variabel berbeda. Pada variabel dengan hasil penyelesaian yang sama, masih ada siswa yang belum mampu menyimpukan jawaban pertanyaan dengan tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254809

Actions (login required)

View Item View Item