Mubarokah, Imro'atul (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran ctl react untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa / Imro'atul Mubarokah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan informasi guru Matematika di MAN 1 Tuban dan pengalaman peneliti selama mengajar kebanyakan siswa belum dapat menuliskan jawaban dengan benar ketika diberi soal tentang pemahaman konsep. Selain itu proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung selama ini cenderung masih menggunakan metode ceramah dan berfokus pada buku teks saja. Siswa tidak terlibat aktif selama proses pembelajaran karena pembelajaran yang dilakukan berpusat pada guru. Untuk itu peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran CTL REACT ini. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Plomp. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran CTL REACT untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Matriks yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran CTL REACT untuk meningkatkan pemahaman konsep ini peneliti awali dengan mencari tahu tentang kurikulum yang digunakan di MAN 1 Tuban dilanjutkan dengan mengamati pembelajaran yang selama ini berlangsung. Kemudian dilanjutkan dengan mengecek kemampuan pemahaman konsep siswa melalui pemberian tes observasi awal. Proses kedua yang dilakukan peneliti adalah membuat RPP dan LKK yang disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran CTL REACT. Sebelum RPP dan LKK ini diuji cobakan di lapangan, maka harus melalui tahap validasi. Perolehan skor rata-rata hasil validasi RPP, LKK, tes pemahaman konsep siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon guru dan angket respon siswa berturut-turut adalah 3,15; 3,08; 3,17; 3,17; 3,17; 3,17; dan 3,17. Berdasarkan skor rata-rata hasil validasi yang telah didapatkan, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Perangkat pembelajaran dinilai baik dan layak untuk diimplementasikan pada pembelajaran meskipun ada beberapa revisi kecil yang perlu dilakukan. Adapun subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI-IPA MAN 1 Tuban.  Proses terakhir adalah uji coba lapangan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKK satu bab Matriks untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Adapun kepraktisan perangkat pembelajaran diukur dari skor rata-rata hasil observasi terhadap aktivitas guru sebesar 3,87 dan angket respon guru sebesar 3,67. Sedangkan untuk keefektifan perangkat pembelajaran diukur melalui 3 indikator yaitu: rata-rata skor hasil observasi terhadap aktivitas siswa sebesar 3,88, ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 100% dan rata-rata skor hasil angket respon siswa yaitu sebesar 3,20. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Karena dari ketiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sudah memenuhi skor rata-rata yang sudah ditetapkan, maka perangkat pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran materi Matriks di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254787 |
Actions (login required)
View Item |