Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry untuk mendukung pemahaman konsep trigonometri / Dewi Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry untuk mendukung pemahaman konsep trigonometri / Dewi Astutik

Astutik, Dewi (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry untuk mendukung pemahaman konsep trigonometri / Dewi Astutik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut. (1) Pemahaman konsep merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. (2) Kemampuan pemahaman konsep trigonometri siswa kelas XI SMA/MA masih kurang. (3) Pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry dapat meningkatkan aktivitas belajar dan mendukung pemahaman konsep siswa. (4) Perlunya perangkat pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry untuk mendukung pemahaman konsep trigonometri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry untuk materi trigonometri kelas XI SMA/MA yang valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan terdiri dari RPP LKS dan soal Penilaian Harian yang digunakan untuk mendukung pemahaman konsep trigonometri siswa. Model pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry pada penelitian ini adalah model pengembangan Plomp yang meliputi tiga fase yaitu penelitian awal (preliminary research) fase prototype (prototyping phase) dan fase penilaian (assessment phase). Berdasarkan proses validasi yang dilakukan tiga validator diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi kriteria valid. Sehingga setelah perangkat pembelajaran direvisi berdasarkan beberapa catatan validator perangkat pembelajaran siap diujicobakan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas bimbingan persiapan lomba yang terdiri dari sembilan siswa kelas X dari jurusan MIPA IPS dan Keagamaan di MAN Kota Batu tahun ajaran 2020/2021. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan berkualitas karena memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Oleh karena itu perangkat pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran di kelas untuk mendukung pemahaman konsep siswa khususnya pada materi trigonometri. Berdasarkan observasi terhadap aktivitas guru maupun siswa selama pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry dapat diketahui bahwa pelaksanaan setiap langkah pembelajaran guru dan siswa pada RPP dan kegiatan siswa pada LKS yang dikembangkan berdasarkan lima fase pembelajaran kooperatif berbasis guided inquiry yang meliputi fase orientasi konseptualisasi investigasi kesimpulan dan diskusi telah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254781

Actions (login required)

View Item View Item