Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing bersetting kooperatif stad untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis tulis siswa / Chusnul Ma'rifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing bersetting kooperatif stad untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis tulis siswa / Chusnul Ma'rifah

Ma'rifah, Chusnul (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing bersetting kooperatif stad untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis tulis siswa / Chusnul Ma'rifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu (1) komunikasi matematis tulis merupakan salah satu penunjang dalam proses pembelajaran (2) kemampuan komunikasi matematis tulis siswa masih rendah (3) pembelajaran inkuiri terbimbing bersetting kooperatif STAD dapat memfasilitasi siswa untuk aktif menemukan konsep dan mendukung kemampuan komunikasi matematis tulis (4) perlunya perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan kooperatif STAD untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis tulis siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing bersetting kooperatif STAD yang valid praktis dan efektif. Hasil produk penelitian pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materi barisan dan deret yang dapat digunakan untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis tulis siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) penelitian awal (pre eliminary research) (2) fase prototype (prototyping phase) dan (3) fase penilaian (assessment phase). Tahap penelitian awal adalah tahap observasi tentang kemampuan komunikasi matematis tulis siswa perangkat yang digunakan dan aktivitas pembelajaran di kelas. Diperoleh hasil rata-rata kemampuan komunikasi matematis tulis siswa belum baik perangkat berupa RPP dan LKS yang digunakan belum mendukung komunikasi matematis tulis siswa dan pembelajaran cenderung bersifat konvensional. Setelah itu dilakukan analisis kebutuhan lalu membuat rancangan RPP dan LKS. Tahap prototype dilakukan dengan menyusun dan merealisasikan rancangan RPP dan LKS dengan model inkuiri terbimbing bersetting kooperatif STAD serta instrumen penelitian yang mendukung keterlaksanaan penelitian ini. Pada tahap asesmen dilakukan validasi dan uji coba lapangan. Validasi terhadap perangkat pembelajaran dan instrumen dilakukan oleh tiga orang validator dari ahli dan praktisi hingga menghasilkan prototipe final yang valid. Rata-rata skor validasi untuk RPP memperoleh skor sebesar 3 75 LKS sebesar 3 60 lembar observasi aktivitas guru dan siswa masing-masing 3 52 angket respon siswa 3 72 soal tes awal 3 63 soal tes akhir 3 40 dan rubrik penskoran 3 40. Dari hasil tersebut perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian memenuhi kriteria valid. Uji coba dilakukan untuk menilai kepraktisan dan keefektifan. Subjek uji coba adalah siswa kelas X IPA TKJ MAN 3 Malang. Uji kepraktisan dilakukan melalui observasi terhadap aktivitas guru dan angket respon dari siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran. Diperoleh skor 3 61 dengan katagori aktivitas guru sangat baik dan dari angket respon siswa 3 40 dengan katagori respon siswa baik. Berdasarkan hasil skor ini maka perangkat pembelajaran bersifat praktis. Adapun uji keefektifan dilakukan dengan observasi terhadap aktivitas siswa dan hasil jawaban tes akhir. Diperoleh skor dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa adalah 3 35 dengan katagori aktivitas siswa baik dan skor tes akhir memperoleh sebesar 88 23% siswa dalam katagori kemampuan komunikasi matematis tulis minimal baik. Dari hasil skor ini maka perangkat pembelajaran bersifat efektif. Kesimpulan berdasarkan hasil uji validitas dan uji coba lapangan adalah perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Langkah-langkah pembelajaran model inkuiri terbimbing bersetting kooperatif STAD pada perangkat yang dihasilkan adalah (1) membentuk kelompok siswa berdasarkan tes awal (2) mengidentifikasi masalah pengantar inkuiri (3) membagi siswa dalam kelompok (4) mengidentifikasi masalah secara berkelompok (5) membuat dugaan dari selesaian masalah secara berkelompok (6) merancang percobaan/strategi secara berkelompok (7) melakukan percobaan/strategi secara berkelompok (8) mengolah dan menganalisis data secara berkelompok untuk memperoleh informasi (9) membuat kesimpulan secara berkelompok (10) memberikan evaluasi pada kesimpulan presentasi (11) memberikan kuis/ tes dan (12) memberikan penghargaan kelompok terbaik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254780

Actions (login required)

View Item View Item