Kesalahan siswa dan scaffolding dalam menyelesaiakan masalah trigonometri bertipe hots / Lukman Choirurijal - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan siswa dan scaffolding dalam menyelesaiakan masalah trigonometri bertipe hots / Lukman Choirurijal

Choirurijal, Lukman (2021) Kesalahan siswa dan scaffolding dalam menyelesaiakan masalah trigonometri bertipe hots / Lukman Choirurijal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses pembelajaran siswa cenderung diberikan soal latihan jenis Instuctional Evaluation. Hal ini mengakibatkan siswa banyak mengalami kesulitan-kesulitan ketika diberikan soal latihan tipe HOTS sehingga membutuhkan pemikiran tingkat tinggi untuk menyelesaikannya. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti didapatkan siswa cenderung melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah tipe HOTS. Kesalahan tersebut diantaranya siswa mengalami kesalahan pada memahami informasi yang ada pada soal dan kesalahan dalam keterampilan proses. Lebih lanjut wawancara peneliti terhadap guru matematika di kelas mengatakan masalah trigonometri tipe HOTS adalah masalah yang cukup sulit dipahami siswa. Selain itu selama ini guru hanya memberikan scaffolding dengan hanya memberikan step-step solusi penyelesaian yang benar. Dalam hal ini jelas guru kurang mengetahui kesalahan siswa disebabkan oleh faktor apa. Padahal seorang pendidik harus mengetahui permasalahan yang dialami siswa agar pendidik dapat membantu sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami siswa. Oleh karena itu penting untuk peneliti melakukan penelitian mengenai kesalahan siswa dan scaffolding dalam menyelesaiakan masalah trigonometri bertipe HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif dengan hasil yang akan dipaparkan secara deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kesalahan siswa dan scaffolding dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe HOTS. Penelitian dilakukan di SMA Laboratoium UM dengan calon subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X IPA 2 dan 32 siswa kelas X IPA 4. Dalam perolehan data penelitian pertama-tama dilakukan pemilihan subjek dengan pemberian tes dan wawancara. Calon Subjek dipilih berdasalarkan hasil analisis kesalahan menggunakan NEA (Newmans error analysis) dan dikelompokkan sesuai banyaknya kesalahan yang dilakukan. Kemudian subjek yang terpilih akan diwawancarai untuk memverifikasi penyebab kesalahan dan terakhir siswa akan diberikan scaffolding oleh peneliti. Jenis Scaffolding yang dipilih peneliti adalah scaffolding yang kontingen dikarenakan scaffolding yang kontingen dapat mengenal inti penyebab kesalahan siswa sehingga peneliti dalam pemberian proses scaffolding akan seimbang dengan kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan subjek penelitian adalah kesalahan di 5 tahapan NEA yaitu membaca memahami transformasi operasi hitung penulisan jawaban akhir. Dari kesalahan tersebut diterapkan scaffolding yang kontingen untuk memberikan siswa pengetahuan tentang kesalahan yang telah mereka lakukan sehingga lebih memahami konteks permasalahan. Pada subjek dengan kesalahan 5 tahapan NEA pada tes awal pemberian scaffolding yang kontingen menerapkan strategi intervensi yang lebih dominan daripada strategi diagnosis dan pengecekan diagnosis. Subjek dengan 5 kesalahan setelah diberikan scaffolding mengalami pengurangan kesalahan pada tes akhir yang dikerjakan. Pada subjek dengan kesalahan memahami kesalahan transformasi kesalahan keterampilan proses kesalahan penulisan jawaban akhir tidak ada strategi yang lebih dominan untuk diterapkan. Subjek dengan kesalahan tersebut setelah diberikan scaffolding juga mengalami pengurangan kesalahan pada tes akhir. Terakhir subjek dengan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir dalam proses penerapan kontingen scaffolding strategi diagnosis yang lebih dominan digunakan dari pada strategi intervensi dan pengecekan diagnosis. Subjek dengan kesalahan tersebut setelah diberikan scaffolding yang kontingen pada tes akhir menjawab soal dengan sempurna tanpa membuat kesalahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254779

Actions (login required)

View Item View Item