Komunikasi matematis siswa les daring ditinjau dari jawaban siswa menurut kriteria QCAI / Nia Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunikasi matematis siswa les daring ditinjau dari jawaban siswa menurut kriteria QCAI / Nia Cahyani

Cahyani, Nia (2021) Komunikasi matematis siswa les daring ditinjau dari jawaban siswa menurut kriteria QCAI / Nia Cahyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyani Nia. 2021. Komunikasi Matematis Siswa Les Daring Ditinjau dari Jawaban Siswa Menurut Kriteria QCAI. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Makbul Muksar M.Si. (2) Drs. Rustanto Rahardi M.Si. Kata kunci komunikasi matematis les daring QCAI Komunikasi matematis adalah cara seseorang menyampaikan ide/gagasan matematisnya secara lisan maupun tertulis. Kemampuan komunikasi matematis yang baik penting untuk dimiliki guru dan siswa karena melalui komunikasi matematis guru dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan bahkan juga dapat mendeteksi jika ada kesalahan konsep atau prosedur dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa les daring dalam mengerjakan permasalahan open-ended berdasarkan kriteria QCAI (QUASAR Cognitive Assessment Instrument) yang terdiri dari latihan matematika open-ended dan didasarkan pada konseptualisasi kemampuan matematika. Komponen yang termasuk dalam QCAI meliputi pengetahuan matematika strategi pemecahan masalah dan komunikasi. Untuk komponen komunikasi mencakup empat kriteria yaitu (1) memberikan respon dengan lengkap dan jelas (2) adanya diagram gambar atau pemodelan matematika yang lengkap dan tepat (3) mengkomunikasikan dengan efektif (4) memberikan argumen pendukung. Penelitian ini dilaksanakan di Bimbingan Belajar Gracia pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 dan melibatkan 5 siswa kelas 9 yang mengikuti les daring melalui grup whatsapp. Dipilih 3 siswa secara purposive sampling dan diperoleh hasil bahwa siswa sudah dapat memberikan respon dengan cukup jelas dan membuat representasi atau pemodelan matematika meski ada ketidaktepatan penggunaan simbol. Namun siswa belum mampu mengkomunikasikan gagasannya dengan efektif dan memberikan argumen pendukung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254777

Actions (login required)

View Item View Item