Pengembangan video pembelajaran matematika menggunakan animaker pada materi matriks untuk mendukung hasil belajar / Eka Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran matematika menggunakan animaker pada materi matriks untuk mendukung hasil belajar / Eka Damayanti

Damayanti, Eka (2021) Pengembangan video pembelajaran matematika menggunakan animaker pada materi matriks untuk mendukung hasil belajar / Eka Damayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan di SMK Negeri Puspo dalam pembelajaran daring adalah whatsapp dan buku paket. Media pembelajaran tersebut kurang menarik dan membuat peserta didik bosan ketika pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah terutama pada materi matriks. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai dan menarik yaitu video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran matematika menggunakan animaker pada materi matriks dalam mendukung hasil belajar yang valid praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yakni Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Subjek yang dijadikan penelitian adalah peserta didik kelas XI Multimedia SMK Negeri Puspo Kabupaten Pasuruan. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis kevalidan kepraktisan keefektifan dari video pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) video pembelajaran dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai 89 6% dan ahli media sebesar 87 5%. (2) video pembelajaran dinyatakan sangat praktis berdasarkan penilaian guru dan angket respon peserta didik terhadap video pembelajaran. Hasil penilaian guru terhadap video pembelajaran memperoleh nilai 95 3% dan angket respon peserta didik memperoleh skor 92 4%. (3) video pembelajaran dinyatakan sangat efektif untuk mendukung hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal sebesar 88 5%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan untuk mendukung hasil belajar peserta didik telah valid praktis dan efektif serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika pada materi matriks.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254774

Actions (login required)

View Item View Item