Analisis kesalahan siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri serta scaffolding-nya / Lailatul Badriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri serta scaffolding-nya / Lailatul Badriyah

Badriyah, Lailatul (2021) Analisis kesalahan siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri serta scaffolding-nya / Lailatul Badriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil observasi membuktikan bahwa banyak siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM Malang mengalami kesulitan belajar persamaan trigonometri. Kesulitan siswa belajar menyebabkan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dapat dianalisis dengan menggunakan analisis kesalahan Watson. Kesalahan siswa yang diperoleh dari penelitian analisis kesalahan akan lebih bermakna serta lebih bermanfaat jika ditindaklanjuti dengan pemberian scaffolding yang sesuai. Scaffolding menurut Anghileri terdiri dari tiga tingkatan 1) enviromental provisions 2) explaining reviewing and restructuring 3) developing conseptual thinking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri menggunakan analisis kesalahan Watson mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa serta mendeskripsikan scaffolding yang sesuai untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Laboratorium UM Malang kelas XI IPA 2 dengan memberikan tes soal persamaan trigonometri. Berdasarkan nilai tes yang didapatkan siswa di kelompokkan pada kelompok kemampuan tinggi sedang dan rendah. Kemudian dipilih masing-masing dua subjek dari kelompok tinggi sedang dan rendah yang melakukan kesalahan dalam pengerjaannya untuk diwawancara berdasarkan analisis kesalahan Watson dan diberikan scaffolding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri yaitu kesalahan pemahaman simbol kesalahan keterampilan proses yaitu salah menghitung kesalahan menuliskan jawaban akhir dan mengalami kecerobohan (carelessness). Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan sedang yaitu kesalahan membaca simbol matematika kesalahan transformasi kesalahan keterampilan proses yaitu salah mengoperasikan dan salah langkah kesalahan menuliskan jawaban akhir serta mengalami kecerobohan (carelessness). Sedangkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan kemampuan rendah yaitu kesalahan membaca simbol matematika kesalahan pemahaman soal sehingga mengakibatkan terjadinya asal menjawab penyelesaian soal persamaan trigonometri yang diberikan serta kesalahan menuliskan jawaban akhir. Siswa dengan kemampuan rendah lebih banyak mengalami kesalahan daripada siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang. Scaffolding untuk mengatasi kesalahan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri adalah scaffolding tingkat 2 yang terdiri dari explaining reviewing dan restructuring. Scaffolding untuk mengatasi kesalahan siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri adalah scaffolding tingkat 2 yang terdiri dari explaining reviewing dan restructuring serta tingkat 3 developing conseptual thingking. Sedangkan scaffolding untuk mengatasi kesalahan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri adalah scaffolding tingkat 1 enviromental provisions tingkat 2 yang terdiri dari explaining reviewing dan restructuring serta tingkat 3 developing conseptual thingking.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254773

Actions (login required)

View Item View Item