Kemampuan abstraksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika / Miftachul Mukharomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan abstraksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika / Miftachul Mukharomah

Mukharomah, Miftachul (2021) Kemampuan abstraksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika / Miftachul Mukharomah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan ilmu abstrak dimana konsep yang ada diperoleh dari proses abstraksi. Pembentukan konsep melalui proses abstraksi memerlukan kemampuan berpikir salah satunya adalah berpikir aljabar. Berpikir aljabar adalah proses menggeneralisasi ide matematika sehingga terbentuk ungkapan argumentasi sesuai dengan diri siswa. Berpikir aljabar terdiri dari generalisasi abstraksi berpikir analitis berpikir dinamis pemodelan dan pengorganisasian. Dari enam komponen yang mendasari berpikir aljabar abstraksi adalah salah satu yang harus dimiliki siswa karena merupakan aspek yang kuat dalam matematika. Abstraksi matematis dapat memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Namun kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa yang belum mampu menunjukkan kemampuan abstraksi matematis untuk menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Soal cerita matematika yang diberikan adalah materi barisan bilangan yang merupakan hasil pengembangan soal TIMSS dan terdiri dari dua soal. Kategori kemampuan abstraksi matematis dalam penelitian ini terdiri dari abstraksi empiris abstraksi pseudo empiris dan abstraksi teoritis. Pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan deskripsi kualitatif. Penelitian dilaksanakan dibeberapa sekolah yaitu SMP Negeri 7 malang MTs Negeri 1 Malang dan SMP Sabilillah secara online. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan matematis siswa dan rekomendasi guru matematika. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Peneliti memberikan soal kepada 18 siswa yang telah dikelompokkan berdasarkan kemampuan matematis kemudian dipilih 6 siswa yang mampu menunjukkan hasil penyelesaian secara lengkap jelas dan terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematis tinggi memiliki kemampuan abstraksi matematis tinggi dengan kategori abstraksi teoritis. Siswa dalam kategori abstraksi teoritis mampu mengembangkan pengetahuan yang dimiliki sebagai penyelesaian masalah. Siswa dengan kemampuan matematis sedang memiliki kemampuan abstraksi matematis sedang dengan kategori abstraksi pseudo empiris. Siswa dengan kategori pseudo empiris menyelesaiakn masalah dengan menguhubungkan pengetahuan yang dimiliki sesuai dengan masalah. Sedangkan siswa dengan kemampuan abstraksi matematis rendah belum mampu menyelesaikan masalah yang diberikan. Hal ini dikarenakan siswa belum mampu mengidentifikasi dan memahami masalah dengan baik sehingga pengetahuan yang digunakan unuk menyelesaikan masalah tidak sesuai. Siswa dengan kemampuan abstraksi matematis rendah termasuk dalam kategori abstraksi empiris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254772

Actions (login required)

View Item View Item