Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merujuk Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi matriks / Marta Lestari BR Purba - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merujuk Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi matriks / Marta Lestari BR Purba

Purba, Martha Lestari BR (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merujuk Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi matriks / Marta Lestari BR Purba. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan di SMA Negeri 4 Kota Jambi belum menunjukkan kegiatan aktif bermakna dan mendukung kemampuan penalaran matematis bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Merujuk Problem Based Learning (PBL) untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI pada Materi Matriks yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yakni terdiri tahap pendefinisian (define) tahap perancangan (design) dan tahap perancangan (develop) yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli materi dan ahli desain. Uji coba dilakukan di kelas XI IPA 1 Sesi B SMA Negeri 4 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKPD (ahli materi dan ahli desain) lembar praktikalitas LKPD (angket respon pendidik dan peserta didik) lembar efektivitas LKPD (angket respon peserta didik lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik). Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif. Hal ini terlihat dari hasil validasi ahli materi diperoleh 95 24% (sangat valid) hasil validasi ahli desain diperoleh 98 00% (sangat valid) hasil angket respon pendidik diperoleh 99 05% (sangat praktis) hasil angket respon peserta didik diperoleh 91 27% (sangat praktis) lembar observasi aktivitas peserta didik diperoleh 100 00% (sangat efektif) serta tes hasil belajar peserta didik diperoleh 83 76% (sangat efektif).A

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254771

Actions (login required)

View Item View Item