Musriroh, Risna Zulfa (2022) Analisis penalaran spasial matematis dalam pemecahan masalah menggunakan model IDEAL pada materi geometri kelas VIII / Risna Zulfa Musriroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran matematika pada materi geometri dalam menyelesaikan masalah tentang keruangan membutuhkan proses berpikir spasial. Salah satu model yang digunakan untuk menyelesaikan masalah adalah IDEAL problem solving. Relevansi kemampuan spasial sebagai pendekatan untuk pembelajaran secara mendasar. Selanjutnya penalaran spasial matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari tahapan IDEAL problem solving. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan penalaran spasial matematis siswa dalam pemecahan masalah menggunakan model IDEAL pada materi geometri kelas VIII di MTs Negeri 5 Blitar. Penelitian ini dilakukan oleh siswa kelas VIII F di MTs N 5 Blitar yang telah menempuh materi bangun ruang sisi datar. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang siswa terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa berkemampuan rendah dengan syarat siswa telah mempelajari materi bangun ruang sisi datar. Kemampuan siswa ditunjukkan dengan jawaban tes tertulis dan diklarifikasi dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran spasial matematis dalam pemecahan masalah IDEAL pada materi geometri untuk masing-masing kategori sebagai berikut (1) subjek berkemampuan tinggi menunjukkan penalaran spasial matematis dimensi persepsi dengan membayangkan dan menggambarkan bangun ruang saat diubah posisinya dimensi visualisasi dengan menggambarkan jaring-jaring suatu bangun ruang dimensi rotasi dengan memahami konsep menentukan luas permukaan dimensi relasi dengan mempresentasikan kedudukan antar unsur dalam bangun ruang pada bentuk sederhana dan dimensi orientasi dengan menjelaskan objek dari sudut pandang tertentu pada koordinat kartesius pada soal pemecahan masalah menggunakan tahapan IDEAL (2) subjek berkemampuan sedang menunjukkan penalaran spasial matematis dimensi persepsi dengan membayangkan bangun dari berbagai sudut pandang namun masih kesulitan menggambarkan bangun ruang saat diubah posisinya dimensi visualisasi dengan menggambar jaring-jaring tetapi tidak memaparkan dengan jelas terkait jaring-jaring yang dijadikan bangun secara utuh dan dimensi orientasi dengan menggambar bangun datar dari berbagai posisi suatu objek relatif dengan pengamat secara tidak simetris tanpa koordinat kartesius dalam menyelesaikan soal dengan memahami tahapan Identify problems (I) dan Define goals (D) untuk memecahkan masalah (3) subjek berkemampuan rendah menunjukkan penalaran spasial matematis dimensi visualisasi namun kurang tepat dalam menggambarkan jaring-jaring karena tidak memahami bangun secara utuh karena dari tahapan Identify the problems (I) belum dipahami untuk memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254770 |
Actions (login required)
View Item |