Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis blended learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika / Risa Utaminingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis blended learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika / Risa Utaminingsih

Utaminingsih, Risa (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis blended learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika / Risa Utaminingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang penting dikuasai oleh peserta didik sebagai warga negara untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan literasi matematika. Capaian kemampuan literasi matematika peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gresik tahun pelajaran 2020/2021 pada indikator interpret amp evaluate masih rendah. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika harus menyatu dengan literasi matematika. Salah satu bahan ajar yang digunakan sebagai pelengkap sumber belajar utama adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Blended Learning yang memenuhi kategori valid praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D) dengan model prosedural yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap meliputi (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implement dan (5) Evaluate. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gresik tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan skor penilaian validasi LKPD pada aspek didaktik konstruksi dan teknis oleh Validator 1 dan Validator 2 yang memperoleh kriteria Sangat Baik dapat disimpulkan bahwa LKPD Revisi Awal memenuhi kategori valid dan dapat dinyatakan sebagai LKPD Revisi Akhir. Berdasarkan skor penilaian pengguna yang memperoleh kriteria Sangat Baik dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Blended Learning memenuhi kategori praktis dan LKPD dinyatakan sangat baik untuk digunakan. Berdasarkan skor angket respon peserta didik terhadap LKPD Revisi Akhir skor observasi keterlaksanaan PBL dan skor n-Gain dapat disimpulkan bahwa LKPD Revisi Akhir memenuhi kategori efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Dari uji pair-t test ada pengaruh signifikan penggunaan LKPD berbasis Blended Learning terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika. Produk akhir yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah LKPD Final. LKPD berbasis Blended Learning dapat digunakan pada sekolah lain yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254768

Actions (login required)

View Item View Item