Syuhriyah, Khalimatus (2020) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah spldv berdasarkan gaya kogntif sistematis dan intuitif / Khalimatus Syuhriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya proses berpikir dalam pembelajaran matematika. Perbedaan gaya kognitif yang dimiliki siswa sangat mempengaruhi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini mengisyaratkan perlunya diadakan penelitian terhadap proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kogntif yang dimiliki. Setiap siswa memiliki gaya kognitif yang berbeda. Sehingga proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pun berbeda. Fokus dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses berpikir siswa yang memiliki gaya kognitif sistematis dan intuitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV. Sedangkan pendekatan penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa berdasarkan teori APOS dalam menyelesaikan masalah SPLDV berdasarkan indikator penyelesaian masalah Polya dan indikator gaya kognitif sitematis dan intuitif. Penelitian ini menggunakan angket dan soal tes berbasis masalah SPLDV sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa dengan gaya kognitif sistematis dalam menyelesaiakan masalah menurut Polya sudah sangat baik. Walaupun siswa kadang tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal serta kadang tidak mengecek kembali pekerjaannya jika sudah merasa yakin. Proses berpikir siswa dengan gaya kognitif sitematis menurut Teori APOS juga sudah baik. Pada tahap aksi siswa dengan gaya kognitif sistematis merespon masalah dengan membaca masalah berulang kali untuk bisa memahami masalah yang diberikan tetapi tidak menuliskan informasi apa saja yang diperoleh dari masalah. Pada tahap proses siswa membuat pemisalan dan menuliskan masalah ke dalam kalimat matematika kemudian menyelesaikan masalah secara berurutan. Kemudian pada tahap objek siswa menemukan hasil atau solusi dari masalah yang diberikan kemudian menyimpulkan solusi yang diperoleh. Pada tahap skema siswa menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya untuk mengecek kembali hasil diperoleh kemudian menemukan hasil akhir. Sedangkan proses berpikir siswa dengan gaya kognitif intuitif menurut Teori APOS yaitu pada tahap aksi siswa merespon masalah dengan membaca masalah dan berusaha memahaminya tetapi tidak menuliskan informasi apa saja yang diperoleh dari masalah. Pada tahap proses siswa tidak membuat pemisalan dan tidak menuliskan dalam kalimat matematika tetapi langsung menyelesaikan masalah menggunakan feeling. Pada tahap objek Siswa menemukan hasil atau solusi dari masalah yang diberikan tetapi tidak menyimpulkan solusi yang diperoleh. Kemudian pada tahap skema siswa tidak mengecek kembali hasil yang diperoleh sehingga tidak mengaitkan dengan pengetahuan atau pengalaman yang sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254767 |
Actions (login required)
View Item |