Sholechah, Mar' Atush (2021) Analisis epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gender / Mar' Atush Sholechah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pentingnya aspek pengetahuan dalam perkembangan pendidikan membuat banyak peneliti untuk melakukan penelitian tentang pengetahuan. Strategi metakognisi jadi salah satu aspek yang mempengaruhi kepada epistemic cognition peserta didik dalam memecahkan permasalahan matematika. Banyak aspek yang wajib dicermati dalam menekuni matematika salah satunya adalah Gender. Perbedaan gender selain mempengaruhi kemampuan dalam matematika juga mempengaruhi cara memperoleh pengetahuan matematika. Perbedaan gender menyebabkan tingkat ketertarikan dan kecemasan pada pelajaran matematika berbeda sehingga pengajar atau guru harus menemukan cara agar dapat mengajarkan pelajaran matematika yang baik sehingga tingkat kecemasan dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Penelitian Kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan epistemic cognition dengan keterampilan metakognitifnya (keterampilan planning keterampilan monitoring keterampilan control) siswa ketika menyelesaikan soal. Subjek yang diambil adalah YS dan HS (laki-laki) dan VM dan FK (perempuan). Penelitian ini berlangsung pada semester genap tahun pelajaran 2019-2020 di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah. Berdasarkan hasil analisis data yang telah kedua subjek penelitian dengan gender laki- laki diketahui bahwa peserta didik laki-laki cenderung lebih banyak menggunakan strategi kognitif metakognisi. Pada tahap mengeksplorasi peserta didik dengan dengan gender laki- laki melakukan monitoring dan kontrol terhadap informasi baru yang diperoleh. Pada tahap merencanakan peserta didik laki-laki melakukan monitoring pada strategi yang digunakan dan melakukan kontrol dengan tidak mengganti strategi yang digunakan. Pada tahap menerapkan peserta didik laki-laki melakukan monitoring dan melakukan kontrol terhadap langkah pengerjaannya. Namun peserta didik laki-laki tidak melakukan kontrol terhadap langkah dari pengerjaannya. Level epistemic cogition peserta didik laki-laki dalam jalan keluar permasalahan matematika merupakan berkuasa logis. Bersumber pada hasil analisa yang sudah dicoba kepada kedua poin penelitian dengan kelamin wanita dalam membongkar permasalahan matematika dikenal kalau partisipan ajar wanita lebih banyak memakai strategi metakognisi. Pada langkah mempelajari partisipan ajar dengan kelamin wanita melaksanakan monitoring serta pengawasan kepada data terkini yang didapat. Pada langkah merancang partisipan ajar wanita melaksanakan monitoring pada strategi yang dipakai serta melaksanakan pengawasan dengan tidak mengubah strategi yang dipakai. Pada langkah mempraktikkan partisipan ajar wanita melaksanakan monitoring serta melaksanakan pengawasan kepada tahap pengerjaannya. Wanita menuntaskan permasalahan sistem persamaan linier 2 variabel dengan menekankan pada cara semacam pemakaian tata cara substitusi serta melaksanakan pembedahan jumlah. Sedangkan level epistemic cogition peserta didik perempuan dalam pemecahan masalah matematika adalah dominan rasional empiris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254766 |
Actions (login required)
View Item |