Improving the eight graders'vocabulary mastery using word walland word wallactivities in mts negeri 2 kota malang 2019/2020/ Nurul namira simatupang - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the eight graders'vocabulary mastery using word walland word wallactivities in mts negeri 2 kota malang 2019/2020/ Nurul namira simatupang

Simatupang, Nurul Namira (2020) Improving the eight graders'vocabulary mastery using word walland word wallactivities in mts negeri 2 kota malang 2019/2020/ Nurul namira simatupang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Simatupang N.N. 2020. Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Menggunakan Word Wall and Word Wall Activities Pada Siswa Kelas Delapan di MTs Negeri 2 Kota Malang 2019/2020. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Andi Muhtar M.A. (2) Dr. Mirjam Nugerahwati M.A. Kata Kunci Word Wall Word Wall Activities Penguasaan Kosa Kata Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosa kata siswa kelas delapan menggunakan Word Wall dan Word Wall Activities. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dari MTs Negeri 2 Kota Malang pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 siswa 14 untuk laki-laki dan 12 untuk perempuan. Studi pendahuluan oleh peneliti dilakukan setelah melakukan Kajian Praktek Lapangan (KPL) sebagai guru di MTs Negeri 2 Kota Malang. Peneliti menemukan bahwa siswa memiliki nilai yang rendah pada initial test atau tes pendahuluan karena kurangnya kosa kata siswa. Mereka juga sering bertanya arti dari kata-kata selama tes berlangsung. Hanya 4 siswa yang dapat mencapai 80 sebagai target pada hasil tes. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penilaian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan yang dilakukan adalah melakukan perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Sebelum itu peneliti melakukan studi pendahuluan yang mencakup tes pendahuluan wawancara kepada guru dan memberikan kuisioner kepada siswa. Setelah data didapatkan peneliti mengidentifikasi masalah menganalisis penyebab dan mengembangkan alternatif aksi. Penelitian ini juga menetapkan kriteria sukses yaitu 75% siswa harus mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 80. Peneliti juga menggunakan panduan wawancara guru catatan lapangan tabel observasi tes kosa kata dan kuisioner untuk mengetahui bagaimana proses belajar mengajar dilakukan dan respon siswa dan guru pada penggunaan strategi belajar. Penelitian ini melakukan dua siklus dalam pengembangan kemampuan kosa kata siswa. Masing-masing siklus dilakukan dalam dua pertemuan dengan waktu 2x40 menit per pertemuan. Peneliti menggunakan Word Wall sebagai media dan Word wall Activities strategi dalam peningkatan kosa kata siswa. Terdapat beberapa aktivitas yang diadaptasi dari Cornsberry (2004). Aktivitas-aktivitas tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu aktivitas seluruh kelas (Mystery Word Activity and Missing Word Activity) aktivitas kelompok (Quick Definition Activity Word Relationship Activity and Musical Word Activity) dan aktivitas individu (Visual Representation Activity and Reading Bingo Activity). Peneliti menyiapkan dua aktivitas dan 10 (sepuluh) kosa kata baru pada setiap pertemuannya. Kosa kata juga diletakkan di dinding kelas dengan poster yang memiliki 3 perbedaan warna berdasarkan lsquo part of speech rsquo nya yakni merah untuk kata kerja hijau untuk kata benda dan biru untuk kata sifat. Pada akhir pembelajaran pada masing-masing siklus siswa diberikan ujian akhir yang berisi 40 (empat puluh) pertanyaan yang dibagi menjadi tiga bagian yakni multiple choice test completion test dan essay test. Pada siklus pertama hanya 53 8% siswa mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Sehingga peneliti melakukan kegiatan pembelajaran siklus kedua yang dimana persentase siswa yang mencapai nilai KKM adalah 80 8%. Selanjutnya siswa diberikan kuisioner terkait penggunaan Word Wall and Word Wall Activities dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan kosa kata siswa. Hasil dari kuisioner yang didapatkan bahwa respon siswa positif yang menunjukkan bahwa siswa menikmati penggunaan Word Wall and Word Wall Activities. Maka peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Word Wall and Word Wall Activities dapat meningkatkan kosa kata siswa kelas VIII-B MTs Negeri 2 Kota Malang tahun ajaran 2019/2020. Namun peneliti memberikan saran untuk menguatkan manajemen kelas untuk membuat siswa tetap fokus dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254763

Actions (login required)

View Item View Item