Komaruddin, Achmad (2020) Improving students' speaking ability through small group discussion strategy / Achmad Komaruddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Komaruddin Achmad. 2020. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Strategi Diskusi Kelompok Kecil. Tesis. Program Pascasarjana Keguruan Bahasa Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. (2) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci kemampuan berbicara strategi diskusi kelompok kecil Tesis ini mengkaji tentang bagaimana implementasi strategi diskusi kelompok kecil meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas intermediate di Ma rsquo had Al-Jami rsquo ah UIN Maliki Malang. Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya masalah pada pra penelitian yakni rata-rata hasil tes berbicara siswa masih 64.6 yang belum mencapai target nilai di Ma rsquo had Al-Jami rsquo ah (70). Selain itu mereka belum semuanya berpartisipasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitan tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan menggunakan model teori Kemmis dan Mc Taggart (1988) dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini didampingi oleh satu kolaborator yang memonitor proses pembelajaran. Selanjutnya penelitian ini disebut berhasil apabila siswa mencapai dua hal yakni skor mereka mencapai 70 atau lebih dan partisipasi keaktifan mereka setidaknya 90% atau lebih. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa di siklus 1 hasil tes berbicara dan partisipasi siswa belum mencapai target yang ditentukan. Skor mereka adalah 68.8 sedangkan partisipasi mereka belum mencapai 90%. Ini dilaksanakan melalui langkah-langkah berikut (1) membagi kelas menjadi 3-4 grup dan membagikan teks (2) mendisuksikan teks atau topik di grup masing-masing (3) perwakilan masing-masing grup mempresentasikan hasil diskusi (4) memberikan masukan pada semua grup. Sementara di siklus 2 implementasi strategi diskusi kelompok kecil berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Adapun skor rata-rata mereka adalah 80.77. Hal ini dilakukan dengan merevisi materi atau teks dan diterapkan melalui beberapa tahapan (1) menunjukkan gambar yang berkaitan dengan topik diskusi (2) menjelaskannya secara singkat (3) membagi kelas menjadi 3-4 grup dan membagikan teks (4) mendisuksikan teks atau topik di grup masing-masing (5) perwakilan masing-masing grup mempresentasikan hasil diskusi (6) memberikan masukan pada semua grup (7) memberikan penghargaan pada grup dan pembicara terbaik. Selanjutnya pencapaian hasil siswa juga didukung oleh topik-topik diskusi yang berkaitan dengan intergrasi islam dan kedokteran yang menjadikannya lebih menarik. Di samping itu temuan ini juga menunjukkan bahwa strategi diskusi kelompok kecil bisa menjadikan mereka lebih berpartisipasi dalam pembelajaran yang dicatat dengan field notes checklist dan hasil dari questionnaire. Hasilnya menunjukkan bahwa keaktifan partisipasi mereka mencapai 90%. Akhirnya demikian bisa disimpulkan bahwa penggunaan strategi diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Ma rsquo had Al-Jami rsquo ah UIN Malang. Strategi ini juga meningkatkan motivasi dan percaya diri siswa serta menyelesaikan masalah-masalah selama pembelajaran seperti bosan tidak aktif dan lain-lain. Kemudian peneliti menyarankan guru-guru bahasa Inggris untuk memanfaatkan strategi diskusi kelompok kecil dengan inovasi baru sesuai dengan kebutuhan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254759 |
Actions (login required)
View Item |