The influence of interlingual interference on multilingual learners' verbal communication in Kampung Inggris Kediri / Nismatul Afroch - Repositori Universitas Negeri Malang

The influence of interlingual interference on multilingual learners' verbal communication in Kampung Inggris Kediri / Nismatul Afroch

Afroch, Nismatul (2020) The influence of interlingual interference on multilingual learners' verbal communication in Kampung Inggris Kediri / Nismatul Afroch. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional berperan penting sebagai media komunikasi di seluruh dunia. Globalisasi memberi dampak pada dunia pendidikan seperti banyak negara menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib seperti di Indonesia. Namun proses pembelajaran di Indonesia menghadapi banyak tantangan dalam pengimplementasiannya terutama dalam komunikasi verbal. Selama pembelajaran dikelas selain berbicara bahasa Inggris pelajar Indonesia juga cenderung menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa lokal. Situasi seperti itu berpengaruh penguasaan bahasa Inggris pelajar Indonesia. Faktanya banyak siswa yang memiliki masalah yang sama menghadapi gangguan interlingual saat mereka mencoba berkomunikasi termasuk pembelajar bahasa Inggris dari Brilliant English Course(BEC) di Kampung Inggris Kediri. Penelitian ini dilakukan untuk mendiskribsikan beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pelajar multibahasa dari BEC Kampung Inggris Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif karena pengumpulan data dikumpulkan dengan mengamati peserta dalam konteks alami. Berikut langkah-langkah melakukan penelitian kualitatif deskriptif berdasarkan Creswell (2012) meliputi 1) mengidentifikasi masalah penelitian 2) meninjau literatur 3) menentukan tujuan dan pertanyaan penelitian atau hipotesis 4) mengumpulkan data kualitatif 5) menganalisis dan menafsirkan data kualitatif 6) melaporkan dan mengevaluasi penelitian. Data dikumpulkan melalui rekaman audio dan beberapa instrumen lain seperti kuisioner dan panduan wawancara. Selain itu peneliti adalah instrumen utama manusia dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis tiga unsur bahasa tata bahasa leksikal dan pengucapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelajar membuat 205 kesalahan dalam tata bahasa. Ada empat kategori kesalahan tata bahasa kesalahan dalam omission (30 73%) addition (10 24%) misformation (43 90%) dan misordering (10 24%). Selain itu peserta didik membuat 65 kesalahan leksikal. Ada lima jenis kesalahan leksikal kesalahan dalam borrowing (10 76%) coinage (0%) calque (43 07%) misselection (27 69%) dan semantic confusiom (27 69%). Akhirnya dalam kesalahan pengucapan peserta didik membuat 99 kesalahan. ada dua jenis kesalahan dalam kategori ini kesalahan interlingual (72 73%) dan intralingual (27 27%). Kebutuhan untuk penelitian yang lebih mendalam mengenai analisis kesalahan siswa tidak dapat diabaikan. Studi lebih lanjut direkomendasikan untuk melakukan penelitian terkait dalam elemen bahasa lain seperti fonem morfem sintaks dan lain-lain untuk membantu peserta didik yang memiliki kecakapan berbahasa Inggris yang masih rendah. Selain itu inovasi baru dalam pengajaran bahasa perlu diperkenalkan dan diimplementasikan untuk membantu meningkatkan kemahiran pelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254758

Actions (login required)

View Item View Item