EFL learning strategies employed by Indonesian successful high school students / Maharani Khansa - Repositori Universitas Negeri Malang

EFL learning strategies employed by Indonesian successful high school students / Maharani Khansa

Khansa, Maharani (2020) EFL learning strategies employed by Indonesian successful high school students / Maharani Khansa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khansa Maharani. EFL Learning Strategies Employed by Indonesian Successful High School Students. Thesis English Language Teaching Graduate Program Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. H. Ali Saukah M. A. Ph.D. (II) Dr. Furaidah M.A. Kata kunci Strategi pembelajaran bahasa siswa EFL sukses Sekolah Menengah Atas Strategi pembelajaran bahasa (SPB) berperan penting dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. SPB didefinisikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh siswa untuk mempelajari bahasa target dengan lebih mudah lebih cepat dan lebih menyenangkan (Oxford 1990 8). Mengingat pentingnya SPB dalam keberhasilan siswa penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh siswa sekolah menengah yang sukses dalam belajar bahasa Inggris. Studi ini penting untuk memberikan model strategi yang dipraktikkan oleh siswa yang sukses mengembangkan kemampuan bahasa Inggris meskipun menghadapi keterbatasan dan tantangan. Penelitian ini dilakukan di Akademi Sepak Bola Internasional Aji Santoso Malang yakni setara tingkat SMA di Indonesia. Akademi ini menekankan pendidikan pelatihan sepak bola dan Bahasa Inggris ditempatkan sebagai mata pelajaran sekunder sehingga siswa tidak mendapat cukup dukungan untuk belajar bahasa Inggris. Untuk mengumpulkan data wawancara mendalam dilakukan dengan tiga siswa sukses yang dipilih berdasarkan rekomendasi guru dan skor tinggi yang mereka dapatkan dalam tes uji bahasa yang diberikan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa secara aktif menggunakan kombinasi strategi pembelajaran afektif dan kognitif-sosial untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mereka. Strategi afektif meliputi memotivasi diri untuk meningkatkan kualitas berbahasa Inggris mendorong diri sendiri untuk menggunakan bahasa Inggris tanpa takut akan kesalahan dan penilaian orang lain dan mendiskusikan perasaan tentang belajar bahasa Inggris dengan orang lain. Dalam hal motivasi temuan menunjukkan tiga jenis motivasi yang dimiliki siswa yaitu orientasi integratif orientasi instrumental dan visi konsep diri L2 yang memang dianggap penting untuk keberhasilan siswa dalam pembelajaran bahasa (D ouml rnyei 2001 D ouml rnyei dan Kubanyiova 2014). Lalu strategi kognitif-sosial mencakup berlatih berbicara seperti penutur asli untuk melatih akurasi dan kelancaran membaca dan mendengarkan secara ekstensif dalam bahasa Inggris menggunakan smartphone sebagai alat untuk mendukung pembelajaran dan berlatih bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dengan teman dan orang lain. Temuan ini menunjukkan otonomi pembelajaran tingkat tinggi yang mendorong siswa untuk membaca dan mendengar ekstensif yang terbukti sebagai SPB yang penting untuk mencapai kemahiran berbahasa (Renandya 2016). Temuan ini didukung oleh penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kemahiran berbahasa siswa berkorelasi secara signifikan dengan seringnya penggunaan SPB oleh siswa (Chang 1990 Green dan Oxford 1995 Chen 2002). Bagi para peneliti di masa depan disarankan agar mereka menyelidiki lebih lanjut peran strategi motivasi diri dan membaca/mendengar secara ekstensif terhadap kemahiran siswa secara keseluruhan atau untuk keterampilan bahasa tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254757

Actions (login required)

View Item View Item