The effect og the use of mobile phone as teaching AID on EFL students' speaking archivment and perception/ Muhammad Adieb Hidayatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect og the use of mobile phone as teaching AID on EFL students' speaking archivment and perception/ Muhammad Adieb Hidayatullah

Hidayatullah, Muhammad Adieb (2020) The effect og the use of mobile phone as teaching AID on EFL students' speaking archivment and perception/ Muhammad Adieb Hidayatullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi dalam pendidikan berkembang dari laboratorium bahasa menuju ke ponsel pintar. Pada tahun 90-an laboratorium bahasa umumnya digunakan oleh sekolah untuk mengakomodasi siswa agar dapat mendengarkan audio dengan bahasa inggris sebagai model untuk berbicara. Pada era 2000 teknologi komputer mulai berintegrasi di ruang kelas. Presentasi dalam bentuk PowerPoint yang ditampilkan dengan proyektor LCD adalah salah satu contoh yang masih ada hingga saat ini. Implementasi ponsel dalam pengajaran bahasa telah digunakan secara luas saat ini. Perangkat ini digunakan sebagai media untuk berkomunikasi antara guru dan siswa dan alat untuk menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu sejumlah aplikasi di dalam ponsel telah menjadi platform bagi siswa dan guru untuk berinteraksi di ruang kelas. Implementasi perangkat seluler di kelas bahasa inggris secara bertahap mengubah aktivitas pembelajaran. Ada dua faktor yang berkontribusi terhadap meluasnya penggunaan ponsel di ruang kelas bahasa. Pertama ponsel dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Ini akan memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran secara pribadi di dalam dan di luar kelas. Kedua ponsel dapat diakses. Di ponsel siswa dapat mencari artikel video dan sumber daya lain yang relevan untuk membantu mereka unggul di kelas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ponsel pada kinerja dan persepsi siswa EFL. Desain kuasi-eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang mengambil Bahasa Asing untuk Keperluan Khusus (FLSP) yang dibagi menjadi dua kelompok kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian ini diperoleh dari skor berbicara siswa dan kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dalam sepuluh minggu satu minggu untuk pre-test 8 minggu untuk perawatan dan satu minggu untuk post-test. Selama fase implementasi pengajaran kelompok eksperimental mendapatkan pengajaran speaking dengan melibatkan ponsel dalam kegiatan belajar mereka. Sedangkan kelompok kontrol menggunakan bahan pembelajaran dalam bentuk cetak dalam kegiatan belajar mereka. Semua data dianalisis dengan menggunakan program statistik SPSS 25 Temuan dalam penilitian ini menemukan bahwa siswa yang diajar menggunakan ponsel sebagai alat bantu belajar secara signifikan mengungguli siswa yang diajar oleh bahan ajar dalam bentuk cetak. Skor dari pre-test dianalisis menggunakan independent t-test dan didukung oleh uji Mann-Whitney dikarenakan subjek dalam penilitian ini berjumlah kecil. Skor post-test dari kedua kelompok berbeda secara signifikan dan menunjukkan skor yang lebih tinggi di kelompok eksperimen. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa menggunakan ponsel sebagai alat bantu mengajar dapat membawa efek positif terhadap kinerja siswa dalam kelompok eksperimen. Sebagian besar siswa dalam kelompok eksperimen yang mendapatkan perawatan menggunakan ponsel juga memiliki persepsi positif terhadap ponsel dalam membantu mereka belajar bahasa Inggris. Berdasaraakan hasil dari penelitian ini melibtakan bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengajar bahasa inggris khususnya kemampuan Speaking. Dengan mempelajari kegunaan ponsel terhadap kemampuan Speaking siswa para pengajar dapat menemukan perspektif baru tentang penggunaan perangkat seluler untuk mengajar bahasa inggris. Sementara itu peneliti selanjutnya disarankan untuk mengadakan penilitian dengan tema yang sama dengan subjek yang berbeda untuk mendapatakan hasil generalisasi yang lebih baik terkait dengan efek ponsel sebagai alat bantu pengajaran pada kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254752

Actions (login required)

View Item View Item